Penguatan Kajian Pantun Indonesia sebagai Sebuah Topik Penelitian
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v3i1.1685Keywords:
pantun Indonesia, sastra lisan, topik penelitianAbstract
Kajian sastra lisan Indonesia, seperti pantun, memiliki daya tarik bagi mahasiswa asing pembelajar bahasa Indonesia. Pantun merupakan karya sastra yang terikat dengan aturan yang diucapkan oleh masyarakat tempo dulu secara lisan, berkembang menjadi bagian dari cara berkomunikasi, serta industri hiburan. Hal ini yang menjadi dasar munculnya kegiatan diskusi terkait perkembangan pantun Indonesia sebagai salah satu pilihan dalam fokus penelitian. Tujuan kegiatannya untuk menyajikan pilihan-pilihan topik penelitian terkait dengan pantun sebagai bagian dari sastra lisan kepada mahasiswa pascasarjana, program studi bahasa dan penerjemahan, konsentrasi sastra Indonesia di sebuah perguruan tinggi asing di Korea Selatan. Hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman mahasiswa tentang potensi pantun Indonesia sebagai sebuah topik penelitian. Yang juga menarik adalah mereka menyadari bahwa pantun berevolusi dan tidak lagi dilihat hanya menjadi bagian dari sastra lisan saja tetapi beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Hal ini yang kemudian ditunjukkan dengan digunakannya pantun di berbagai acara menyesuaikan dengan tujuan, situasi, serta kondisi. Temuan ini juga yang akhirnya dibandingkan dengan perkembangan sastra lisan di Korea yang peserta tampilkan. Dengan sikap yang baik, peserta aktif terlibat dalam diskusi yang menarik. Kegiatan diskusi ini perlu dilanjutkan dalam beragam bentuk apakah kuliah tamu atau diskusi kelompok terarah sehingga meluaskan informasi perkembangan sastra Indonesia pada umumnya.
References
Mohamed, R. A. K., & Ali, A. H. (2022). Implications of Enrichment and Poetry Learning on the Cognitive Development of Primary School Students: Implikasi Pengayaan dan Pembelajaran Pantun Terhadap Perkembangan Kognitif Murid Sekolah Rendah. Jurnal Pendidikan Bitara UPSI, 15(1), 12-18. https://doi.org/10.37134/bitara.vol15.1.2.2022
Assalam, M. H. (2021). Cybersastra: antara sastra masa kini dan déjà vu sastra lisan. Bahas, 32(1), 1–9. https://doi.org/10.24114/bhs.v32i1.23731
Daryusti, D., Novitri, R., & Muslim, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggali Isi dan Amanat Pantun di SD 01 Nan Sabaris. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 15–19. https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.23
Effendy, D. I., & Safhida, M. (2019). Social Media as a Form of Literary Learning Innovation for the Millennial. Proceeding of the International Conference on Literature, 262–269. https://doi.org/10.24815/.v1i1.14438
Fakhrurozi, J., Pasha, D., Jupriyadi, J., & Anggrenia, I. (2021). Pemertahanan Sastra Lisan Lampung Berbasis Digital. Journal Sosial Science and Teknology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 28–36. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.1068
Falentina, Y., & Praptantya, D. B. S. E. (2020). Makna Pantun Buah Janji dalam Tradisi Pernikahan Dayak Jawant. Balale': Jurnal Antropologi, 1(1), 41–53.
Febriani, F., Razali, R., & Taib, R. (2020). Analisis Pantun dalam Manendai Adat Pernikahan di Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 23–35.
Kwon, K. (2009). Shifting South Korean Theatre: Jo-Yeol Park’s A Dialogue Between Two Long-necked People and Taesuk Oh’s Chunpung’s Wife. Journal of Dramatic Theory and Criticism, 23(2), 47–65.
Maemunah, S., Laksono, D. A. A., Febriyanti, A. E., Adom, K. G., Yanti, M. Y. D., & Saputra, R. (2022). Pantun Sebagai Media Pengalih Terhadap Kecanduan Gadget Pada Anak. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(02), 2–6. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i2.107
Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 133–142. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25338
Martuti, M., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Video dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7157–7165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7860
Medani, D. I., & Sakti, A. W. (2022). Introduction of Indonesian Poem (Pantun) as a Creative Effort of Elementary School Students in Improving Language Skills in the. Indonesian Journal of Multidisciplinary Research, 2(1), 229–236. https://doi.org/10.17509/ijomr.v2i1.38668
Mohamed, R. A. K., Ali, A. H., & Nasir, M. (2021). Aplikasi Ranah Kognitif Anderson & Krahthwohl dalam Pengajaran dan Pembelajaran Pantun di Sekolah Dasar. Journal of Humanities and Social Sciences, 3(3), 110–118. https://doi.org/10.36079/lamintang.jhass-0303.286
Nurlatifah, I., Permadi, T., & Sumiyadi, S. (2020). Pemanfaatan Pantun pada Komunitas Emak-Emak Nuamoorea sebagai Teknik Promosi di Media Sosial Facebook. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1827–1834.
Oktarina, N., Suwandi, S., Setiawan, B., & Maret, U. S. (2020). Nilai pendidikan pantun besaot dalam laman facebook. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(2), 118–126. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i2.834
Ouyang, F., & Chang, Y.-H. (2019). The relationships between social participatory roles and cognitive engagement levels in online discussions. British Journal of Educational Technology, 50(3), 1396–1414. https://doi.org/10.1111/bjet.12647
Purbiyanti, O. D., Daruyani, S., Irawaty, I., & Irawan, A. N. A. P. (2022). Game Edukasi Visual Novel Bermain Pantun dan Peribahasa Menggunakan Ren’py Berbasis Python. Journal of Computer System and Informatics (JOSYC), 4(1), 162–169. https://doi.org/10.47065/josyc.v4i1.2582
Rings, G., & Allehyani, F. (2020). Personality traits as indicators of the development of intercultural communication competence conditions of the Creative Commons Attribution license (CC BY-NC-ND). International Journal of Curriculum and Instruction, 12(1), 17–32.
Solihatini, I. T., Abidin, Y., & Aljamaliah, S. N. M. (2021). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi COVID 19. Diksa?: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 80–89. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i2.20986
Sumarni, S. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pantun melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Peserta Didik Kelas V Semester 1 SDN Prapagan 02 Tahun 2020. Educatif?: Journal of Education Research, 3(3), 61–68. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i3.55
Susanti, A., & Darmansyah, A. (2022). Analisis Makna dan Nilai Moral dalam Pantun Tradisi Sekujang?: Sesuaikah Menjadi Materi Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar?. Eduprof?: Islamic Education Journal, 4(2), 80–104. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i2.143
Triskawati, T., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 55–67.
Trisnawati, T. (2019). Analisis Jenis-Jenis dan Fungsi Pantun dalam Buku Mantra Syair dan Pantun di Tengah Kehidupan Dunia Modern Karya Korrie Layun Rampan. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.31851/parataksis.v2i2.4000
Wardana, A., & Abdul Wachid, B. S. (2021). Pantun Sebagai Media Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 5(3), 603–610. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2178
Wu, X., Anderson, R. C., Nguyen-Jahiel, K., & Miller, B. (2013). Enhancing Motivation and Engagement Through Collaborative Discussion. Journal of Educational Psychology, 105(3), 622–632. https://doi.org/10.1037/a0032792
Wulansari, F., Yuniarti, N., Hariadi, T., Sulastriana, E., Lahir, M., Uli, I., & Kusnita, S. (2022). Pelatihan dan pendampingan penulisan pantun sebagai upaya pelestarian warisan budaya melayu. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 281–288. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3196
Yustisiani, Z. N. (2020). Pantun as Brand Recall in Citilink Airline. Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 260–264.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Audi Yundayani, Agus Sulaeman, Frimadhona Syafri, Fiki Alghadari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License