Pemanfaatan Teknologi Pengajaran Bahasa Inggris di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Authors

  • Anne Ratna Suminar Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Yustika Nur Fajriah Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Lucky Rahayu Nurjamin Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Eva Devi Sofyawati Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1350

Keywords:

adaptasi kebiasaan baru, pengajaran bahasa inggris, teknologi pengajaran

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada para guru bahasa inggris terkait pemanfaatan teknologi dalam pengajaran bahasa Inggris di era adaptasi kebiasaan baru (AKB). Hal ini dirasa penting untuk dilakukan mengingat masih banyaknya guru, khususnya guru bahasa Inggris, yang mengalami kesulitan dalam memilih, menggunakan, serta memanfaatkan jenis teknologi pengajaran yang dirasa efektif dalam pengajaran. Untuk itu, metode yang digunakan sebagai berikut. Pertama, metode ceramah dari pemateri berkenaan dengan jenis-jenis pemanfaatan teknologi yang dapat dilakukan dalam pengajaran bahasa Inggris. Kedua, tanya jawab yang dilakukan dengan para peserta workshop. Ketiga, simulasi yang dilakukan oleh para pemateri terkait langkah praktis dalam menggunakan berbagai platform/aplikasi pengajaran. Keempat, pretes dan postes kepada peserta terkait keterpahaman mereka akan teknologi pengajaran bahasa Inggris berbasis online. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman para guru bahasa Inggris terkait pemanfaatan teknologi ajar. Hal ini terlihat dari hasil postes yang menunjukkan bahwa para guru menjadi lebih memahami secara teoritis dan praktis terkait berbagai platform pengajaran yang dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk pengajaran bahasa Inggris.

References

DeCoito, I., & Richardson, T. (2018). Teachers and Technology: Present Practice and Future Directions. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education (CITE Journal), 18(2), 362–378.

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5

Habibu, T., & Clement, C. K. (2012). Difficulties Faced by Teachers in Using ICT in Teaching-Learning at Technical and Higher Educational Institutions of Uganda. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 1(7), 1-9.

Lestiyanawati, R., & Widyantoro, A. (2020). The Strategies and Problems Faced by Indonesian Teachers in Conducting e-learning during COVID-19 Outbreak. CLLIENT (Culture, Literature, Linguistics, English Teaching), 2(1), 71-82. https://doi.org/10.32699/cllient.v2i1.1271

Nhu, P. T. T., Keong, T. C., & Wah, L. K. (2019). Issues and challenges in using ICT for teaching English in Vietnam. Call-Ej, 20(3), 140-155.

Richards, C. (2005). The design of effective ICT-supported learning activities: exemplary models, changing requirements, and new possibilities. Language, Learning & Technology, 9(1), 60-79.

Downloads

Published

2022-04-15