Pembinaan Soft Skill Keterampilan Berkomunikasi melalui Layanan Penguasaan Konten pada Remaja Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v2i1.1336Keywords:
keterampilan berkomunikasi, layanan penguasaan konten, remajaAbstract
Faktor penyebab para remaja binaan Rumah Literasi Al Fatih kurang dapat berkomunikasi dengan baik di lingkungannya karena kondisi orang tua dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah. Kemudian ditambah dengan kurangnya pemahaman bagaimana menanamkan nilai-nilai berkomunikasi dengan baik. Faktor tersebut menyebabkan kehidupan efektif para remaja menjadi terganggu. Oleh karena itu, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membina para remaja binaan Rumah Literasi Al Fatih agar memiliki keterampilan berkomunikasi yang lebih baik. Manfaat kegiatan pengabdian masyarakat adalah supaya para remaja dapat ditampilkan dengan optimal di dalam kehidupan sehari-harinya dan mampu mengoptimalkan keterampilan berkomunikasi. Kegiatan Abdimas ini di laksanakan selama 5 bulan sejak bulan September 2021 sampai dengan Januari 2022. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilaksanakan, terlihat adanya perubahan positif baik dalam wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap remaja di dalam menerapkan komunikasi yang positif, sehingga kegiatan ini memiliki kebermanfaatan yang merupakan hal penting dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan Abdimas yang dilakukan oleh Tim Pelaksana berhasil memenuhi sasaran dan memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya mitra Rumah Literasi Al Fatih.
References
Dinihari, Y., A’ini, Z. F., & Solihatun, S. (2019). Pemberdayaan Kader Posyandu melalui Penerapa Metode Konseling Gizi dan Komunikasi Efektif pada Kader Posyandu Kelurahan Pademangan Barat Jakarta Utara. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.24269/adi.v3i1.902.
Fitri, I. S. (2020). Efektivitas Teknik Diskusi dalam Layanan Penguasaan Konten untuk meningkatkan Keterampilan Public Speaking di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Tersedia di http://repository.uin-suska.ac.id/29020/1/IRMA%20SUHENI%20FITRI.pdf. Di Akses pada tanggal 10 Januari 2022.
Fitriyanti, E., Solihatun, S., & Ardianti, T. (2020). Kontribusi Layanan Penguasaan Konten dalam Peningkatan Sikap Empati Siswa. Konsilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan , 6 (2), 63-75. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/consilium/article/view/6366/3026.
Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 138-147. https://doi.org/10.26638/jfk.407.2099.
Khoriroh, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berkomunikasi terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta). https://eprints.uny.ac.id/56244/1/08.%20SKRIPSI_Nahar%20Khoriroh_13802241044.pd. Di Akses pada tanggal 9 September 2021.
Lailani, T. (2019). Keefektifan Layanan Penguasaan Konten Teknik Homeroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa. (Doctoral dissertation, UNNES). Tersedia di http://lib.unnes.ac.id/34338/1/1301413124maria.pdf. Di Akses pada tanggal 10 Januari 2022.
Larasati, A. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 27-31.
Marfuah, M. (2017). Improving Students’ communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 148-160. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313.
Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Menghadapi Era Industri 4.0. Abdi Psikonomi, 79-78. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.214.
Morocco, C.C ., Aguilar, C. M., Bershad, C., Kotula, A., & Hindin, A. (2008). Supported Literacy for Adolescents: Transforming Teaching and Content Learning for The Twenty-First Century. Jossey Bass A Wiley Imprint.
Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ririn, R., Asmidir, A., & Marjohan, M. (2013). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Konselor, 2(1), 273-278. https://doi.org/10.24036/02013211203-0-00.
Syofyan, S. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sub Keterampilan Berkomunikasi melalui Layanan Penguasaan Konsten dengan Teknik Permainan pada Siswa Kelas XII IPA 3 di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 213-223. http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i2.338.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Evi Fitriyanti, Solihatun Solihatun, Sisca Folastri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License