Promosi Pariwisata dan Produk UMKM KecamatanTawangmangu Berbasis Video Digital
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1172Keywords:
MBKM, pandemi, pariwisata, promosi, UMKMAbstract
Pandemi COVID-19 berdampak pada sektor kehidupan, termasuk pariwisata seperti Tawangmangu. Untuk meningkatkan jumlah wisatawan direncanakan program yang membantu mempromosikan potensi Kecamatan Tawangmangu kepada masyarakat secara luas dengan melakukan survei lokasi untuk melihat kondisi tempat wisata secara langsung, melakukan pertemuan dengan pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan kepala desa di Tawangmangu untuk mendalami nilai-nilai produk UMKM dan tempat pariwisata Kecamatan Tawangmangu, melakukan dokumentasi sebagai konten promosi lokasi tempat pariwisata dan produk UMKM Kecamatan Tawangmangu, menyebarluaskan video promosi melalui media sosial dan website. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketertarikan di masyarakat terhadap berbagai tempat wisata di Tawangmangu, serta sebagai media promosi untuk memperluas pasar penjualan produk UMKM melalui website dan video di Youtube. Hasil pelaksanaan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah telah berhasil membuat sebuah website dan media sosial sebagai tempat promosi dengan unggahan berbentuk video dan artikel mengenai tempat pariwisata dan produk UMKM Kecamatan Tawangmangu. Program ini harus terus dijalankan untuk memperoleh hasil yang optimal dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat Tawangmangu. Jika program ini terus dilanjutkan untuk bertahun-tahun berikutnya, platform yang sudah kami buat dapat menjadi pusat referensi utama bagi masyarakat yang akan berkunjung ke Tawangmangu.
References
Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas Website Dan Instagram Sebagai Sarana Promosi Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), 451–466. https://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/119
Ardiana, I. D. K. ., Brahmayanti, I. ., & Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), 42-55. https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp. 42-55
Arianti, D. (2014). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian dan Keruangan Kota Bukittinggi (Pendekatan Analisis Input Output). Jurnal Wilayah Dan Lingkungan, 2(3), 183. https://doi.org/10.14710/jwl.2.3.183-196
Kuryanti, S. J., & Indriani, N. (2018). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata (Studi Kasus: Pantai Jatimalang, Purworejo). Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 2(2), 37–46.
Law, R., & Fuchs, M. (2011). Information and communication technologies in tourism 2011. F. Ricci (Ed.). Vienna: Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-7091-0503-0
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586
Pradana, M. I. W., & Mahendra, G. K. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata Di Objek Wisata Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(2), 73-85.
Tanoto, S., & Evelyn, E. (2019). Financial Knowledge, Financial Wellbeing, and Online Shopping Addiction Among Young Indonesians. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 21(1), 32–40. https://doi.org/10.9744/jmk.21.1.32-40
Utami, B. A., & Kafabih, A. (2021). Sektor Pariwisata Indonesia Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 4(1), 383–389. https://doi.org/10.33005/jdep.v4i1.198
Wahab, S. (2003). Manajemen Kepariwisataan. Pradnya Paramita.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ratna Zakkiya Meilia Utami, Daniel Sugihantoro, Franses Patar Moses, Hafidz Dhany Wicaksono, Maulidah Nur Rizka, Tivano Antoni, Meyliana Adhitya Kusumawardhani, Siti Ummul Khoiroti, Tasya Saevita Nugroho, Yuliana Nuraini, Bowo Winarno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License