Analisis Penilaian Sikap Siswa Pada Pembelajaran PPKn Melalui Media Daring
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1372Keywords:
media daring, pembelajaran ppkn, penilaian siswaAbstract
Dimasa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),untuk mengukur sikap peserta didik agak sedikit berbeda dari biasanya,tentu saja keadaan tidak seperti keadaan normal. Pembelajaran yang seharusnya bisa berlangsung di kelas, berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan dirumah, standart penilaianpun menyesuaikantidak seperti ketika pembelajaran berlangsung secara tatap muka.Penilaian sikap merupakan kegiatan untuk mengetahui kecenderungan perilaku spritual dan sosial peserta didik dalam kehidupan sehari hari,baik di dalam maupun di luar kelas sebagai hasil pendidikan. Dalam proses belajar mengajar, penilaian mempunyai peranan yang sangat penting. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Teknik yang digunakan guru PPKn dalam mengukur sikap peserta didik, 2. Untuk mengetahui hambatan yang di dapati oleh guru PPkn dalam mengukur sikap peserta didik pada masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui teknik yang dilakukan guru dalam menilai dan mengukur sikap peserta didik; (2) untuk mengetahui hambatan dalam Mengukur sikap peserta didik pada pembelajaran PPKn melalui media daring. Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, yang diambil secara acak dari jumlah kelas sebanyak 8 kelas, dimana masing masing kelas terdiri dari 34 peserta didik.
References
Abidin. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Aditia. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Pendidik Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Universitas PGRI Yogyakarta Indonesia.
Ali, M. (2017). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Bandur. (2016). Penelitian Kualitatif Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan NVIVO 11 Plus. Mitra Wacana Media.
Boy, Y. Y., & Utami, P. P. (2020). Hubungan antara Perhatian Orang Tua dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hak Asasi Manusia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 12–17. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/375
Saryono, S., Fazria, A. N., Andini, S., & Hasan, H. (2022). Hubungan Antara Pemahaman Etika Politik dan Kesadaran Hukum Dengan Budaya Politik Organisasi Mahasiswa. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1), 215-222.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.
Musfah, J. (2018). Manajemen Pendidikan. Prenadamedia Group.
Pudjiastuti, S. R., & Rumiati, S. (2019). Development of the Pkn Learning Attitude Assessment Model in Foreign Political Culture and Results of Pkn Learning From Students of Depok City Vocational School(Smk Semesta Cimanggis). Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 3(1), 50–53. https://doi.org/10.33751/jhss.v3i1.1102
Purwanto, Ngalim, M. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.
Ridwan, M., & Utami, P. P. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PPKn pada Materi Norma Kesopanan melalui Metode Snowball Throwing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 118–124. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/477
Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta CV.
Surapranata, S. (2006). Penilaian Portofolio. Remaja Rosdakarya.
Utami, P. P., & Vioreza, N. (2020). Teacher Work Productivity in Senior High School. International Journal of Instruction, 14(1), 599–614. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14136A
Utami, P. P., Widiatna, A. D., Ayuningrum, S., Putri, A., Herlyna, & Adisel. (2021). Personality: How does it impact teachers’ organizational commitment? Cakrawala Pendidikan, 40(1), 120–132. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33766
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Citizenship Virtues

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License











