Literature Study: Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach to Social Studies Learning
Keywords:
Contextual Teaching and Learning(CTL), Social Studies LearningAbstract
Penelitian ini membahas mengenai pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPS dengan mengaitkan materi pelajaran pada kehidupan nyata peserta didik dalam kesehariannya baik di lingkungan keluarga, sekolah, ataupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPS yang berpusat pada siswa diberbagai sekolah SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur (literature study) dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti, buku, jurnal, artikel, dan sumber online lainnya yang relevan. Hasil penelitian berdasarkan beberapa penelitian relevan menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dinilai efektif karena CTL dapat diterapkan pada berbagai jenis penelitian seperti PTK, Kuantitatif dan Kualitatif, selain itu penerapan CTL sangat tepat diterapkan pada siswa kelas tinggi dan cocok diterapkan pada kurikulum apa saja. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pada pembelajaran IPS dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis, hasil belajar, serta pembentukan karakter peserta didik. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPS dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran IPS yang optimal di kelas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eva Oktaviana, Maria Ulfa, Nur Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License