Pengaruh Penanaman Nilai Kejuangan Jenderal Soedirman terhadap Pembentukan Budi Pekerti dan Motivasi Belajar di Lingkungan Pendidikan Yasma PB. Soedirman
Pembentukan Budi Pekerti dan Motivasi Belajar di Lingkungan Pendidikan Yasma PB. Soedirman
Keywords:
Nilai Kejuangan, Budi Pekerti, Motivasi BelajarAbstract
Artikel ini membahas tentang pengaruh penanaman nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman terhadap pembentukan budi pekerti dan motivasi belajar di lingkungan pendidikan Yayasan Masjid Panglima Besar Soedirman (Yasma PB. Soedirman). Nilai kejuangan seperti religiusitas, keberanian, keteladanan, tanggung jawab, dan semangat pantang menyerah merupakan warisan moral yang penting untuk ditanamkan dalam dunia pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis data dari dokumentasi, literatur sejarah, biografi tokoh, dan observasi institusional, artikel ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai tersebut secara nyata berdampak positif terhadap pembentukan karakter (budi pekerti) peserta didik serta meningkatkan semangat belajar mereka. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pendidikan karakter berbasis keteladanan dalam menciptakan generasi pembelajar yang tangguh, disiplin, dan bermoral tinggi di lingkungan Pendidikan
References
Anhar Gonggong. (2021). Jenderal Soedirman: Panglima Besar yang Tidak Pernah Menyerah. Jakarta: Kompas.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Balitbang dan Perbukuan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pendidikan Berbasis Karakter: Nilai dan Implementasi di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.
Krisnawati, V. (2023). Kegiatan bercerita sebagai upaya pembentukan karakter Jenderal Soedirman pada siswa SD Negeri 4 Teluk. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS), 1(3), 77–81.
Kusumawardhani, N. (2018). Implementasi nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam pembelajaran sejarah pokok bahasan upaya mempertahankan kemerdekaan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Bobotsari tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Laswaniyah, M. (2021). Implementasi nilai karakter dalam kegiatan pembinaan mental prajurit di Korem 071/Wijayakusuma. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 65–74.
Lickona, T. (2019). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Marihandono, D. (2020). Kepahlawanan dan Keteladanan Jenderal Soedirman dalam Sejarah Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
McClelland, D.C. (2021). The Achieving Society. Princeton: Van Nostrand.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2023). Penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, N. (2020). Kepemimpinan Soedirman: Strategi, Keteladanan, dan Nilai-Nilai Juang dalam Revolusi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peterson, C., & Seligman, M. (2022). Character strengths and virtues: A handbook and classification. Washington, DC: APA Press.
Ryan, K., & Bohlin, K.E. (2020). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey-Bass.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukariasih, N. K. (2019). Implementasi nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal CANDI, 15(1), 68–75.
Sumarwan, E. (2019). Teladan hidup Panglima Besar Jenderal Soedirman. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Supardan, Dadang. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan dan Karakter Bangsa. Bandung: Refika Aditama.
Sutrisno, E. (2021). Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai dan Keteladanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tilaar, H. A. R. (2020). Pendidikan Nasional: Antara Keteladanan dan Tantangan Global. Jakarta: Rineka Cipta.
Tyas, L. (2021). Implementasi nilai pendidikan karakter perjuangan Jenderal Soedirman bagi generasi muda masa kini pada mata pelajaran sejarah. Jurnal Al-Fikru, 15(1), 45–52.
Wibowo, Agus. (2019). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berbasis Nilai dan Etika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo, M. U., Suryo, D., & Siswoyo, D. (2017). Internalisasi nilai-nilai kejuangan Jenderal Soedirman dalam pendidikan karakter di SMA Taruna Nusantara. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 5(2), 132–139.
Wiratmoko, D., & Wulandari, E. (2022). Meneladani perjuangan Jenderal Soedirman dalam perang gerilya di Kabupaten Pacitan tahun 1949. BAKSOOKA: Jurnal Penelitian Ilmu Sejarah, Sosial dan Budaya, 1(1), 87–94.
Yayasan Masjid Panglima Besar Soedirman. (2023). Profil dan Sejarah Yasma PB. Soedirman. Jakarta: Yasma PB. Soedirman Publishing.
Zuhairini, et al. (2021). Pendidikan Islam dan Pembangunan Karakter. Malang: UIN Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eko Yulianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License