Kesulitan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Ide Pokok Paragraf

Authors

  • Maria Ulfa STKIP Kusuma Negara
  • Faqih Abdurrahman Syifa STKIP Kusuma Negara
  • Noval Riyadi 3MI Attaqwa 32

Keywords:

Kesulitan Belajar, Bahasa Indonesia, Ide Pokok Paragraf

Abstract

Isi teks bacaan dapat dilihat ide pokok, kalimat uatama, dan kalimat pendukung suatu paragraf. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi ide pokok paragraf.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Dimana data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Penelitian dilaksanakan di kelas V MI Attaqwa 32 Bekasi Utara dengan jumlah sampel sebanyak 13 siswa. Data dianalisis menggunakan model analisis aliran Milles-Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian rendahnya kemampuan siswa pada materi materi ide pokok disebabkan oleh  siswa yang tidak mau menyimak guru saat menjelaskan materi. Siswa yang malas untuk membaca teks. Siswa yang hanya menganggap bahwa letak ide pokok dan kalimat utama hanya ada di awal paragraf saja.

References

Ernawati & Arifianto. (2023, Januari). Diskrepansi Pekerjaan: Tinjauan Kualitatif pada Guru Swasta. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol.6, No.1, 132-140.

Ulfa, M., Oktaviana, E., & Hasanah, N. (2024). Penerapan Model RadecdanPembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatan Keterampilan Literasi. Pusaka:Journal Of Educational Review, 1(2), 16-27.

Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Kelas II SD. Jurnal Pendidikan dan PembelajaranTerpadu(JPPT), 3(2), 83-97.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK Jurnal PAUD, 3(1), 35-44.

Umudini, A., Iswandi, I., & Arifin, M. M. (2023). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Kepuhrejo Kediri. Journal on Education, 5(3), 9346-9355.

Prayoga, R. W., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Narasi Melalui Penerapan Progam Literasi Berbantuan Media Buku Cerita Anak Pada Siswa Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1498—1503.

Rostina. (2021). Pengembangan Paragraf Dalam Menulis Sebuah Tulisan. Juripol: Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan, 4(2), 87-96.

Faturrohmah, N. I., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2023). Analysis of Reading Comprehension Ability to Determine Main Ideas and Supporting Ideas. Proceeding of International Conference on Education, 02, 157-164.

Saroh, E. R., & Damaianti, V. S. (2016). Pengaruh Teknik Scramble Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Dan Memparafrase Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 144-151.

Budiningtyas, A. K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menemukan Gagasan Pokok Pada Tema Cuaca Subtema Pengaruh Cuaca Bagi Kehidupan Manusia Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 75-81.

Alfazr, A. S., Gusrayani, D., & Sunarya, D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 111-121.

Jayadi, U. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Siswa Kelas Iv Sdn 22 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Berajah Journal, 1(1), 21-42.

Susana, R., & Srimulyani, E. B. (2024). Prosedur Pembelajaran Menentukan Kalimat Pendukung Menggunakan TeknikLatihan Intensif melalui Media Kartu Soal. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 3(6), 785-792.

Amelia, N. (2023). Keterampilan Menemukan Gagasan Pokok dan Pendukung Teks DeskripsiMenggunakan Pendekatan Konstruktivisme dalam LKPD Kreatif. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(6), 807-814.

Ernawati, L., & Arifianto, C. F. (2023). Diskrepansi Pekerjaan: Tinjauan Kualitatif pada Guru Swasta. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(1), 132-140.

Herdiyani, S., Barkah, C. S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis [JAB], 18(2), 103-121.

Onwuegbuzie, A. J., & Weinbaum, R. K. (2016). Mapping Miles and Huberman’s Within-Case and Cross-Case Analysis Methods onto the Literature Review Process. Journal of Educational Issues, 2(1), 265-289.

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data. Mitra Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.

Downloads

Published

2025-07-18