Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Project Based Learning menggunakan Instagram

Authors

  • Juliani J STKIP Kusuma Negara
  • Herlina H STKIP Kusuma Negara
  • Siti Yulidhar Harunasari STKIP Kusuma Negara

Keywords:

instagram, project based learning, speaking skills.

Abstract

Salah satu masalah terpenting dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris adalah kurangnya latar belakang bahasa siswa, kepercayaan diri yang memadai untuk melakukan tugas-tugas yang diperlukan dalam belajar bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah yang menantang ini, penelitian ini menyelidiki peningkatan keterampilan berbicara peserta didik tentang implementasi pembelajaran berbasis proyek yang dikombinasikan dengan Instagram sebagai media publikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis proyek, dalam penelitian tindakan kelas, yang cocok untuk siswa karena metode ini menghargai kemampuan siswa untuk membuktikan kemampuan berbicara mereka dengan gaya mereka sendiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil pada siklus 1, menunjukkan bahwa hanya 40% siswa yang lulus kompetensi standar minimum, tetapi pada siklus 2 siswa dapat meningkatkan hingga 100% siswa yang lulus kompetensi standar minimum. Namun keterampilan berbicara siswa semakin meningkat walaupun mereka tidak mempublikasikan proyek video mereka di Instagram. Para siswa tidak ingin masyarakat tahu tentang kemampuan berbicara mereka, karenamenurut siswa itu adalah pengalaman yang memalukan.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles