Hubungan antara Kepercayaan Diri Siswa terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Authors

  • Anis Syafitri STKIP Kusuma Negara
  • Audi Yundayani STKIP Kusuma Negara
  • Wisnu Kala Kusumajati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kemampuan berbicara, kepercayaan diri.

Abstract

Kemampuan berbicara bahasa Inggris merupakan tantangan bagi siswa di Indonesia sebagai pengguna bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Pendekatan kuantitatif menggunakan metode penelitian korelasi digunakan melalui uji statistik. Temuan penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment menunujukan bahwa nilai rhitung sama dengan 0,98 dan rtabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,297, maka rhitung>rtabel. Hal ini menunjukan bahwa kepercayaan diri siswa merupakan komponen penting yang menentukan penguasaan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Downloads

Published

2019-11-06

Issue

Section

Articles