Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa melalui Game Spelling Bee

Authors

  • Pipit Rantika STKIP Kusuma Negara
  • Danti Pudjiati STKIP Kusuma Negara
  • Megawati M STKIP Kusuma Negara

Keywords:

peningkatan, penguasaan kosakata, game spelling bee.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui Spelling Bee Games di kelas tujuh SMP Negeri Satu Atap Karang Kobong. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengikuti Model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini menggunakan 3 siklus dimana setiap siklus memiliki 4 langkah yaitu Perencanaan, Bertindak, Mengamati dan Mencerminkan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam hasil belajar bahasa Inggris yang signifikan di kelas tujuh. Hal ini ditunjukkan oleh hasil rata-rata tes yang diberikan dalam setiap siklus meningkat. Hasil skor rata-rata pada setiap siklus, pada siklus 1 70,5 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,25 dan yang terakhir pada siklus 3 meningkat menjadi 80,25 dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar bahasa Inggris melalui Spelling Bee Games menarik bagi siswa. Berdasarkan data tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa ada peningkatan yang baik dalam penguasaan kosakata siswa melalui Game Spelling Bee di kelas tujuh SMP Negeri Satu Atap Karang Kobong.

Downloads

Published

2019-11-06

Issue

Section

Articles