Meningkatkan Pemahaman Membaca menggunakan Teknik Jigsaw

Authors

  • Rian Hidayat STKIP Kusuma Negara
  • Vera Yulia Harmayanthi STKIP Kusuma Negara
  • Danti Pudjiati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

penelitian tindakan kelas, teknik jigsaw, pemahaman membaca.

Abstract

Pemahaman membaca biasanya merupakan keterampilan yang berfokus pada kemampuan untuk memahami teks sepenuhnya. Ini juga merupakan komunikasi aktif antara penulis dan pembaca yang dilakukan melalui jembatan teks. Teknik Jigsaw adalah semacam teknik kolaboratif yang mengarahkan siswa untuk bekerja dalam kelompok belajar di dalam kelas untuk mencapai kompetensi secara kooperatif. Dengan pembelajaran kooperatif ini, siswa akan memiliki situasi yang berbeda dari pengajaran dan pembelajaran konvensional yang berfokus pada kemampuan pribadi. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ada tiga siklus yang telah diselesaikan oleh peneliti dari Siklus I, II dan III. Siklus ini harus menerapkan skema CAR. Skema adalah serangkaian sistem seperti: pertama, tahap perencanaan yang mempersiapkan silabus, kalender, jadwal, dan rencana pelajaran. Kedua, tahap akting yang merupakan realisasi dari perencanaan. Ini semua tentang penerapan Jigsaw dalam pemahaman membaca. Ketiga, mengamati tahap yang membutuhkan kerja sama antara kolaborator dan peneliti. Mereka harus mengamati siswa di kelas selama proses belajar mengajar. Keempat, ini tentang merefleksikan bertujuan untuk menafsirkan skor tes siswa dan keseluruhan kemajuan penelitian dalam setiap siklus. Tahap refleksi harus mengungkapkan perbandingan setiap siklus.

Downloads

Published

2020-01-06

Issue

Section

Articles