Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa menggunakan Edmodo sebagai Platform Blended Learning

Authors

  • Rofikoh Mujahidah STKIP Kusuma Negara
  • Audi Yundayani STKIP Kusuma Negara
  • Susilawati S STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan menulis, edmodo, blended learning.

Abstract

Menulis adalah aktivitas manusia yang selalu dilakukan setiap hari, untuk menyampaikan ide dan pemikiran guna tercapainya tujuan, yang pada saat ini kegiatan tersebut tidak hanya melalui kertas namun juga alat tekhnologi seperti handphone. Kemampuan menulis di ranah pendidikan termasuk kedalam ketrampilan produktif yang mana praktek dalam menulis harus lebih intensif baik di kelas maupun di luar kelas. Permasalahan yang murid hadapi dalam praktek menulis adalah keterbatasan waktu karena faktanya saat pelajaran bahasa inggris di kelas guru tidak hanya fokus mengajarkan menulis sedangkan menulis adalah kegiatan bertahap dan berproses, dengan keterbatasan waktu itulah peneliti melakukan penelitian blended learning menggunakan Edmodo untuk meningkatkan ketrampilan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas, data yang di kumpulkan di penelitian ini menggunakan observasi, tes menulis dan wawancara, subjek penelitian terdiri dari 20 siswa. Hasil rata-rata nilai hasil tes siswa disiklus-1 75,0 naik disiklus-2 77,7 dan disiklus-3 80. Berdasarkan data di atas penelitian meningkatan ketrampilan menulis siswa menggunakan Edmodo telah berhasil.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles