Meningkatkan Pemahaman Bacaan Teks Naratif Siswa melalui Teknik Pemetaan Cerita

Authors

  • Khusnul Akip STKIP Kusuma Negara
  • Herlina H STKIP Kusuma Negara
  • Retno Dwigustini STKIP Kusuma Negara

Keywords:

pemahaman membaca, teks naratif, pemetaan cerita.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini terutama bertujuan untuk mengetahui perluasan pemahaman membaca meningkat melalui menggunakan pemetaan cerita, subjek penelitian ini di mana siswa kelas delapan MTS Ummul Quro Al-Islami Bogor pada tahun akademik 2018/2019 yang terdiri dari 36 laki-laki dan perempuan, sedangkan data yang dikumpulkan oleh data wawancara dan observasi. Hasil post test di setiap siklus benar-benar menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari kemampuan subyek dalam membaca pemahaman di mana ada menunjukkan bahwa tingkat meningkat dari tidak cukup menjadi baik. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata tes Membaca pada setiap siklus dapat ditingkatkan yaitu pada siklus 1=70, siklus II=86,30, siklus III=100, dan hasil wawancara menyimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman teks naratif melalui pemetaan cerita Teknik itu menyenangkan untuk siswa. Penelitian ini juga menunjukkan perilaku positif yang berubah dari subjek yang diteliti di mana sikap dan motivasi meningkat secara signifikan terhadap pemahaman. Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa pemetaan cerita dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di delapan kelas MTS Ummul Quro Al-Islami Bogor di tahun akademik 2018/2019.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles