Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa melalui Teknik Jigsaw

Authors

  • Fitri Apriliyani STKIP Kusuma Negara
  • Sunarmo S STKIP Kusuma Negara
  • Wisnu Kala Kusumajati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

teks deskriptif, membaca, teknik jigsaw.

Abstract

Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa melalui Jigsaw Tehnique. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui teknik Jigsaw. Salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa adalah pemahaman membaca.Teknik jigsaw salah satu model pembelajaran kooperatif, digunakan di kelas dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus hingga September 2019 pada tahun akademik 2018/2019. Subjek penelitian adalah 36 siswa SMK AL-Lathifah Cikarang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Dalam setiap siklus, ada beberapa langkah; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jigsaw Tehnique berhasil meningkatkan pemahaman membaca siswa. Hal itu dapat dilihat dari aspek afektif, psikomotorik dan kognitif yang meningkat pada setiap siklus. Kriteria penguasaan minimum (KKM) minimum adalah 70. Dalam siklus satu 22 siswa lulus dengan skor 72, dalam siklus dua 29 siswa mencapai KKM dengan skor 81. Pada siklus terakhir menunjukkan peningkatan yaitu dengan skor 82, dalam siklus tiga  33 siswa lulus. Akhirnya, peneliti selesai sampai siklus tiga. Aktivitas membaca kata-kata kinerja siswa tampaknya meningkatkan setiap siklus. Mereka merasa senang dan tertarik tentang bermain teknik Jigsaw di kelas membaca mereka.Berdasarkan hasil penelitian, memang benar bahwa teknik Jigsaw memberikan manfaat yang signifikan untuk aktivitas membaca. Dalam proses pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa Jigsaw Tehnique, dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Downloads

Published

2019-12-22

Issue

Section

Articles