Hubungan antara Kreativitas dan Keterampilan Menulis Siswa

Authors

  • Iman Kustiaman STKIP Kusuma Negara
  • Siti Yulidhar Harunasari STKIP Kusuma Negara
  • Vera Yulia Harmayanthi STKIP Kusuma Negara

Keywords:

writing, correlation, creativity

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan antara Kreativitas Siswa dan Keterampilan Menulis mereka di kelas sepuluh di sebuah sekolah swasta di Jawa Barat. Masalah pernyataan dari penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kreativitas siswa dan keterampilan menulis mereka. Teknik pengambilan sampel secara acak digunakan dalam penelitian ini, sedangkan sampel terdiri dari 30 siswa. Jenis data adalah data kuantitatif. Data diperoleh dari tes menulis dan kuesioner kreativitas. Setelah menghitung hasil skor siswa dalam menulis dan kreativitas, peneliti menemukan bahwa siswa sekolah ini memiliki kreativitas tinggi 18,06% (81,94%). Selanjutnya koefisien (rxy) sama dengan 0,425. Sebagai kesimpulan, kreativitas siswa memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan menulis siswa.

Downloads

Published

2020-01-09

Issue

Section

Articles