Technological Pedagogical and Content Knowledge: Konsep Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Pembelajaran

  • Audi Yundayani STKIP Kusuma Negara
Keywords: analisis kebutuhan, TPACK

Abstract

Revolusi industri 4.0 memberikan pengaruh besar pada semua lapisan kehidupan di masyarakat. Pengaruhnya sangat luas dan besar termasuk memberikan warna baru pada wajah pendidikan di Indonesia. Technological pedagogical and content knowledge (TPACK) merupakan alternatif yang dapat dijadikan acuan bagi praktisi pendidikan untuk mengembangkan model baru pembelajaran. Tujuan dalam artikel ini untuk memberikan gambaran mengenai konsep TPACK dan memperkenalkan konsep analisis kebutuhan dalam kerangka kerja TPACK. Artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPACK merupakan kerangka kerja bagi guru dalam membuat sebuah rancangan pembelajaran. Rancangan ini menggabungkan tiga komponen utama yaitu teknologi, pedagogi, dan konten atau materi pengetahuan. Penggunaan teknologi sebagai media dan sumber pembelajaran merupakan salah satu manifestasi kesiapan dunia pendidikan dalam menjadi bagian dari industri 4.0. Kerangka kerja TPACK dapat dilakukan dengan lebih dulu melakukan sebuah analisis kebutuhan sehingga semua komponen di dalamnya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Hasil paparan dari artikel ini dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan bagi pengembangan model pembelajaran dalam era 4.0.

Published
2020-01-07
Section
Articles