Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Permainan Ular Tangga

Authors

  • Fitri Astuti STKIP Kusuma Negara
  • Nirwana STKIP Kusuma Negara
  • Muhammad Awin Alaby STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kemampuan kognitif, bermain ular tangga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain ular tangga pada usia 5-6 tahun di pendidikan anak usia dini (PAUD) Al-Fitri Ciracas. Metode penelitian ini, penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 15 anak. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif pada siswa PAUD. Peningkatan tersebut berdasarkan rata-rata kemampuan kognitif pada setiap siklus meningkat. Pada siklus 1 rata-ratanya adalah 55,7 sedangkan pada siklus 2 rata-ratanya sama dengan 86,8. Berdasarkan hasil wawancara bermain ular tangga adalah kegiatan yang menyenangkan bagi siswa PAUD.

Downloads

Published

2019-12-31

Issue

Section

Articles