Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Diskusi Kelompok Kecil

Authors

  • Ririn Sumiatun STKIP Kusuma Negara
  • Achmad Nugroho STKIP Kusuma Negara
  • Susilawati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan berbicara, diskusi kelompok kecil, teks transaksional

Abstract

Berbicara adalah sebagai alat yang penting untuk komunikasi. Namun, siswa merasa kesulitan untuk berbicara. Sebagai solusinya kita dapat menerapkan diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Tahapan penelitian adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pegumpulan data melalui observasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 38 siswa. Hasil analisis penelitian data pada siklus 1, menunjukkan bahwa hasil post-test yang mencapai nilai di atas 70 adalah 27 siswa yang lulus, dan 11 siswa yang gagal dari nilai kelulusan minimum (KKM). Pada siklus 2, menunjukkan peningkatan bahwa hasil post-test yang mencapai nilai di atas 70 adalah 35 siswa yang lulus, dan 3 siswa yang gagal. Presentase ketuntasan belajar pada siklus 1 adalah 71%, presentase ketuntasan belajar pada siklus 2 adalah 92%, presentase kenaikan ketutasan belajar dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 21%. Metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya untuk mengukur efektivitas diskusi kelompok kecil melalui eksperimen sebagai alat pengukur yang lebih reliabel.

Downloads

Published

2019-12-21

Issue

Section

Articles