Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa melalui Media Dinding Kata

Authors

  • Darwatik STKIP Kusuma Negara
  • Danti Pudjiati STKIP Kusuma Negara
  • Ira Chairiyati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

meningkatkan, kosakata, media dinding kata

Abstract

Kosa kata adalah salah satu aspek penting dalam belajar bahasa asing. Namun, siswa merasa kesulitan untuk belajar kosa kata. Sebagai solusinya kita dapat menerapkan media dinding kata untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa menggunakan media dinding kata. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus. Tahapan penelitian adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pegumpulan data melalui observasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa. Hasil analisis penelitian data pada siklus 1, menunjukkan bahwa Persentase ketuntasan belajar pada siklus 1 adalah 40%, presentase ketuntasan belajar pada siklus 2 adalah 60%, presentase ketuntasan belajar pada siklus 3 adalah 100 %. Media dinding kata dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya untuk mengukur efektivitas media dinding kata melalui eksperimen sebagai alat pengukur yang lebih reliabel.

Downloads

Published

2019-12-21

Issue

Section

Articles