Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Simulasi

Authors

  • Agnestia Rizky Putri Utami STKIP Kusuma Negara
  • Siti Yulidhar Harunasari STKIP Kusuma Negara
  • Titik Nurmanik STKIP Kusuma Negara

Keywords:

keterampilan berbicara, peningkatan teknik simulasi

Abstract

Beberapa siswa tidak tertarik dan memiliki kekurangan pada keterampilan berbicara sehingga hasil penilaiannya menjadi belum baik. Penelitian ini adalah tentang teknik simulasi meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Al–Khairiyah 1 Jakarta pada siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa siswa tertarik dan menikmati pembelajaran bahasa Inggris. Teknik simulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan baik. Hal ini dibuktikan melalui nilai siswa yang mengalami kenaikan dari siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga. Hasil evaluasi menunjukan nilai yang cukup bagus, pada siklus pertama dengan rata- rata perolehan yaitu 61,05, siklus kedua 69,34, dan siklus ketiga dengan rata- rata perolehan nilainya 72,89. Hal tersebut telah melewati batas nilai kelululsan (KKM) yaitu 70. Dengan demikian disimpulakan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara melalui teknik simulasi efektif dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2019-12-21

Issue

Section

Articles