Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Bercerita

Authors

  • Tanti Tamala STKIP Kusuma Negara
  • Titik Nurmanik STKIP Kusuma Negara
  • Susilawati STKIP Kusuma Negara

Keywords:

bercerita, keterampilan berbicara

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui teknik bercerita untuk siswa kelas 12, semester pertama 2018/2019 tahun akademik SMA Bhakti Putra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana setiap siklus meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti melakukan penelitian ini dari Agustus hingga Oktober 2018 di SMA Bhakti Putra, Solokan Jeruk. Sampel adalah siswa kelas XIIA. Kelas ini terdiri dari 40 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan tindakan, keterampilan berbicara siswa dan motivasi siswa untuk berbicara meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes dan sikap siswa selama pelajaran. Nilai rata-rata siswa pada siklus 1 adalah 68,25 = 37,5%, pada siklus 2, adalah 75,05 = 70% dan pada siklus 3 adalah 80,65 = 97,5% pada postes. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik bercerita dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Published

2019-12-21

Issue

Section

Articles