Keterampilan Berbicara Pada Siswa melalui Teknik Think Pair Share di SMP PGRI 2 Bekasi

Authors

  • Abdul Karim STKIP Kusuma Negara
  • Sudjoko S STKIP Kusuma Negara
  • Titik Nurmanik STKIP Kusuma Negara

Keywords:

berbicara keterampilan, think pair share, penelitian tindakan kelas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan teknik think pair share pada siswa kelas 7, semester ganjil, tahun akademik 2019/2020 di SMP PGRI 2 Bekasi. Metode dalam penelitian ini adalah paradigma kualitatif dalam penelitian tindakan kelas. Memiliki tiga siklus untuk mencapai tujuan dan sasaran. Dalam setiap siklus terdiri dari empat langkah yang berencana, bertindak, mengamati, mencerminkan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan tes. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan pengurangan, deskripsi, verifikasi. Waktu penelitian ini adalah dari Juli hingga Agustus 2019 dengan subjek adalah 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada kemajuan penting dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik think pair share di tujuh kelas di SMP PGRI 2 Bekasi. Ini telah dibuktikan oleh hasil sasaran pembelajaran dalam penelitian ini adalah 90% -100% dari siswa bisa lulus target skor minimum yang 70. Tes akhir menunjukkan peningkatan signifikan (Pada siklus 1 adalah 64%, pada siklus 2 adalah 80%, dan pada siklus 3 adalah 100%).

Downloads

Published

2019-12-21

Issue

Section

Articles