Analisis Penerapan Senam Irama di SDIT Raflesia untuk Kebugaran dan Kreativitas Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37640/sj.v1i2.2200Keywords:
kebugaran jasmani, kreativitas, pendidikan jasmani, senam iramaAbstract
Senam irama adalah olahraga yang memadukan gerakan tubuh dengan musik, bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik, fleksibilitas, serta koordinasi motorik. Di SDIT Raflesia, senam irama diterapkan sebagai bagian dari kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Artikel ini mengkaji implementasi senam irama di SDIT Raflesia, termasuk metode pengajaran, manfaat bagi siswa, dan tantangan dalam pelaksanaannya. Studi ini menunjukkan bahwa senam irama mampu meningkatkan kebugaran siswa sekaligus mendukung pengembangan kreativitas dan kepercayaan diri mereka. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan kompetensi guru, upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, seperti pelatihan guru dan penyediaan ruang yang lebih memadai, dapat membantu mengoptimalkan hasil yang dicapai. Dengan pengelolaan yang baik, senam irama dapat terus menjadi bagian penting dari pembelajaran PJOK di SDIT Raflesia dan sekolah lainnya.




