Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA

Authors

  • fitraivana adizulfan STKIP Kusuman Negara
  • Devita Cahyani Nugraheny STKIP Kusuma Negara
  • Risky Dwiprabowo STKIP Kusuman Negara
  • Ilmi Noor Rahmad STKIP Kusuman Negara
  • Sri Widyaningsih STKIP Kusuman Negara

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Kesulitan Belajar, Pemahaman Konsep

Abstract

Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan dalam proses pembelajaran yang ditandai oleh adanya hambatan tertentu yang menghalangi pencapaian dalam pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan mengunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan soal. Subyek penelitian ini adalah siswa dan wali kelas 4. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih terdapat siswa yang merasa kesulitan dalam belajar IPA. Hal ini dapat terjadi karena faktor-faktor internal dan eksternal pada siswa. Faktor internal meliputi tingkat pemahaman konsep, kemampuan mengingat istilah limiah, tingkat keserdasan siswa dan motivasi belajar. Sementara itu, faktor eksternal mencakup metode pengajaran guru, ketersediaan sarana dan prasarana, lingkungan belajar siswa. Pengaruh teman bermain. Dari kedua faktor tersebut, faktor internal, khususnya kurangnya tingkat pemahaman konsep, kemampuan mengingat istilah limiah dalam mempelajari IPA, memiliki pengaruh paling besar terhadap kesulitan belajar yang dialami siswa.

References

Aisah, S., Islami, R. S., & Wijaya, S. (2024). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Studi Kasus Learning Disability. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1).

Agustina, D. A. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 4(1).

Agustini, A., Awang, I. S., & Parida, L. (2019). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Di Sekolah Dasar. VOX Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 120-128.

Anshori, I. (2021). Integrasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kurikulum 2013 Kelas Rendah di Madrasah Ibtidiyah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 37-50.

Ardiansyah, A., & Arda, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Proses Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19 dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah (Studi Kasus pada Siswa Usia 10-12 Tahun pada Mata Pelajaran IPA). Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 140-164.

Awang, I. S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. VOX Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 108-122.

Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Carolien, C., Rezkita, S., & Rahayu, A. (2023). Pengembangan Media Powerpoint Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Science Education and Development Journal Archives, 1(1), 1-12.

Cikka, H. (2020). Konsep-Konsep Esensial dari Teori dan Model Perencanaan dalam Pembangunan Pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2).

Efendi, N. (2022). Studi Literature Kesulitan Siswa pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 13084-13089.

Fajar, C. M., & Mulyanti, D. (2019). Meningkatkan Taraf Perekonomian Dan Kesejahteraan Melalui Perencanaan Investasi Pendidikan. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 89-95.

Fitriana, D., Fuadiyah, L. A., Gafriani, S., & Marini, A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas Tinggi pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(6), 849-856.

Irsyad, W., Putra, V. S., Yusri, F., & Yarni, L. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dan Upaya Mengatasinya (Studi Kasus Di MTs. Nurul Ilmi Salimpat). Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 97-105.

Lubis, I. S., & Sabri, S. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Pagaran Sigatal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(4), 291-301.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168-174.

Manalu, R., Meter, I. G., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). analisis kesulitan-kesulitan belajar IPA siswa kelas iv dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Piloting se-Kabupaten Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 151-158.

Noviana, A., & Auliaty, Y. (2023). Pengembangan Media Quiz and Riddle Interaktif Materi Penggolongan Hewan dalam Pembelajaran IPA Kelas V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 454-462.

Oktavia, M., Rahma, S., Akmalia, R., Teguh, A., Ramadhani, A., Kusuma, A., & Darmadi, D. (2022). Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 122-128.

Rahayu, D. W., Maulida, R. R., & Hanifatunnisa, P. T. (2024). Analisis Kesulitan Belajar pada Siswa Kelas 4. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3606-3610.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.

Rumiati, R., Wahyudi, W., & Ngatman, N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar IPA tentang Materi Energi Alternatif pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 5 Bumirejo Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1).

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490-1499.

Pranita, W., Idris, M., & Chairunisa, E. D. (2021). Pemahaman Siswa Pada Materi Sejarah Kebudayaan Palembang di SMA Muhammadiyah 1 Muaradua Oku Selatan. Palembang: Penerbit Lakeisha.

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25-31.

Sakinah, F., & Fitria, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 1-7.

Samatowa, U. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 84-90).

Sasono, T. A., & Istiqlaliyah, I. (2021). Peran Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Hadratul Madaniyah, 8(2), 67-73.

Saputri, A. N., & Desstya, A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Sragen. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 154-165.

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. BIO EDUCATIO: The Journal of Science and Biology Education, 2(2).

Sobari, A. A., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1132-1136.

Wada, F. H., Pertiwi, A., Hasiolan, M. I. S., Lestari, S., Sudipa, I. G. I., Patalatu, J. S., & Rahman, A. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Zuliani, R., Astuti, K. T., & Netri, N. (2023). Identifikasi Permasalahan Kesulitan Belajar IPA di Sekolah Dasar Negeri Dukuh 1 Kabupaten Tangerang. ANWARUL, 3(5), 950-959.

Downloads

Published

2024-12-10