Upaya Meningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar

Authors

  • Nurhalimah N STKIP Kusuma Negara
  • Romdanih R STKIP Kusuma Negara
  • Nurhasanah N STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kosakata bahasa Inggris, make a matc, media kartu gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui media kartu gambar pada siswa kelas II MI Sirojul Munir semester II tahun ajaran 2019/2020. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan selama 3 siklus, dimana tiap siklus terdapat 4 tahapan meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dapat dilihat dari sebelum tindakan, bahwa rata-rata penguasaan kosakata siswa pada siklus 1 sebesar 64,06 dengan presentase keberhasilan 56, 25%. Pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 72,5 dengan presentase keberhasilan 75%. Pada siklus 3 nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 87,5 dengan presentase keberhasilan 81,2% siswa  telah memperoleh nilai diatas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media kartu gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas II MI Sirojul Munir.

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

Articles