Pengaruh Penerapan Media Teka-teki Silang Diakhir Pembelajaran Model Discovery terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Kartika XX-1 Makassar
(Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)
DOI:
https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.952Keywords:
discovery, hasil belajar, mediaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media teka-teki silang (TTS) diakhir pembelajaran model discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Kartika XX-1 Makassar. Desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Kartika XX-1 Makassar yang terdiri dari 7 kelas. Penentuan sampel dilakukan secara random. Variabel bebas adalah media TTS diakhir model pembelajaran discovery dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar tanpa menggunakan media TTS diakhir pembelajaran menggunakan discovery learning tanpa TTS. Hasil analisis data baik secara deskriptif menunjukkan rata-rata hasil belajar dalam bentuk N-Gain peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berturut-turut adalah 0.649 dan 0.527 termasuk (kategori sedang). Sedangkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil pengujian hipotesis terhadap hasil belajar menggunakan uji-t diperoleh thitung=2,652>ttabel=1,67. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media TTS pada akhir model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Kartika XX-1 Makassar pada materi pokok larutan penyangga.
Downloads
References
Abimanyu, S., & La Sulo, S. L. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: DEPDIKNAS.
Anita, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Presindo
Dananjaya, U. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Noor, A. F. (2013). Modul Belajar dan Pembelajaran. Palangkaraya: Universitas Muhammadyah Palangkaraya.
Rakhmadhani, N., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka - Teki Silang dan Ular Tangga dengan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (4), 190–197.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran?: Mengembangkan Profesionalisme Guru (2nd ed.). Depok: Raja Grafindo Press.
Siregar, S. (2016). Statistika deskriptif untuk penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, H. B., & Muhammad, N. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM?: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning)?: Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yumila, R., Megasyani, A., & Yanti, I. R. (2017). Pengaruh Penerapan Teka-teki silang Dalam Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 14 Padang. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 3 (2), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.22202/jrfes.2017.v3i2.2501
Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Zulfajri, M., & Amelia, R. (2016). Pengaruh Model Discovery learning Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Edukasi Kimia, 1(1), 12–18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License