Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Dewi Purnama Sari Universitas Pamulang
  • Yana Yana Universitas Muhammadiyah PROF. DR. Hamka
  • Ayu Wulandari STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.872

Keywords:

hasil belajar matematika, motivasi belajar, self efficacy

Abstract

Pandemi Coronavirus disease 2019 (COVID-19) telah mengubah semua bidang, salah satunya sistem di bidang pendidikan. Guru dan siswa dituntut untuk belajar dari rumah melalui pembelajaran online hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap psikologi siswa khusunya dalam belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya keluhan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran matematika sementara mereka memiliki keterbatasan dalam belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh  self efficacy dan motivasi dalam belajar siswa selama pembelajaran online terhadap hasil belajar matematika. Responden sebanyak 113 siswa kelas IX di MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Oktober sampai Desember 2020. Metode dalam penelitian menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data yang yaitu melalui hasil angket self efficacy, angket motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika siswa pada Penilaian Akhir Semester (PAS) kelas IX tahun ajaran 2020/2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) self efficacy berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) motivasi dalam belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa dan  (3) self efficacy berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrohaman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Adirestuty, F. (2019). Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 54-67.

Bandura, A. (1999). Social cognitive theory: An agentic perspective1. Asian Journal of Social Psychology, 21–41.

Friedman, I. A. (2003). Self-efficacy and burnout in teaching: The importance of interpersonal-relations efficacy. Social Psychology of Education, 6(3), 191-215.

Hapsari, S. (2005). Bimbingan dan Konseling SMA Untuk Kelas XII. Jakarta: PT Grasindo.

Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan tantangan pembelajaran e-learning. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(1), 32-35.

Kizilbash, A. H., Vanderploeg, R. D., & Curtiss, G. (2002). The effects of depression and anxiety on memory performance. Archives of Clinical Neuropsychology, 17(1), 57–67. https://doi.org/10.1016/S0887-6177(00)00101-3

Li, J., Yang, Z., Qiu, H., Wang, Y., Jian, L., Ji, J., & Li, K. (2020). Anxiety and depression among general population in China at the peak of the COVID-19 epidemic. World Psychiatry, 19(2), 249–250. https://doi.org/10.1002/wps.20758

Locke, E. A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Personnel psychology, 50(3), 801-804.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111

Dimyati., & Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Nashr. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Ning, B. (2020). Discipline, motivation, and achievement in mathematics learning: An exploration in Shanghai. School Psychology International, 41(6), 595-611. https://doi.org/10.1177/0143034320961465

Niu, H. J. (2010). Investigating the effects of self-efficacy on foodservice industry employees’ career commitment. International Journal of Hospitality Management, 29(4), 743-750.

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman, A. M. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Singh, K., Granville, M., & Dika, S. (2002). Mathematics and science achievement: Effects of motivation, interest, and academic engagement. Journal of Educational Research, 95(6), 323–332. https://doi.org/10.1080/00220670209596607

Sucitno, F., Sumarna, N., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal Sublimapsi, 1(3), 114–119.

Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan, 60-76.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609

Tambunan, H. (2018). The Dominant Factor of Teacher's Role as a Motivator of Students' Interest and Motivation in Mathematics Achievement. International Education Studies, 11(4), 144-151. https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p144

Tseng, S. C., & Tsai, C. C. (2010). Taiwan college students’ self-efficacy and motivation of learning in online peer assessment environments. Internet and Higher Education, 13(3), 164–169. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.01.001

UNESCO. (2020). Framework for reopening schools [PDF File]. Tersedia: https://www.unicef.org/media/68366/file/Framework-for-reopening-schools-2020.pdf

Wahdaniah, W., Rahman, U., & Sulateri, S. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Harga Diri Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai. MaPan, 5(1), 68–81. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a5

Wahyuningtyas, N., & Febrianingsih, L. (2018). Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 38-46. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1777

Wigfield, A., Klauda, S. L., & Cambria, J. (2011). Influences on the development of academic self-regulatory processes. Handbook of self-regulation of learning and performance, 33-48.

Yang, X., Zhang, M., Kong, L., Wang, Q., & Hong, J.-C. (2020). The Effects of Scientific Self-efficacy and Cognitive Anxiety on Science Engagement with “Question-Observation-Doing-Explanation” Model during Schools Disruption in COVID-19 Pandemic. 1–28. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-40814/v1

Yunianti, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Parigi. E-JurnalMitra Sains, 1, 92–100.

Yusuf, M. (2011). The impact of self-efficacy, achievement motivation, and self-regulated learning strategies on students’ academic achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 2623–2626. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.158

Zega, Y. (2020). Hubungan Self Efficacy terhadap Motivasi Belajar. Didaktik, 14(1), 2410–2416.

Downloads

Published

2021-07-15