Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Literasi pada Materi Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia

Authors

  • Lia Dahlia Kurniati SMPN Satu Atap Tambun Utara
  • Purwani Puji Utami STKIP Kusuma Negara
  • Nanda Lega Jaya Putra STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.2165

Keywords:

harmoni keberagaman masyarakat indonesia, literasi, metode mind mapping

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi peserta didik dalam materi PPKn harmoni keberagaman masyarakat Indonesia melalui metode mind mapping pada peserta didik kelas IX semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMP Negeri Satu Atap Tambun Utara. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya mencakup 4 tahapan penelitian, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Waktu penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari 2024 sampai bulan April 2024 dengan subjek penelitian sebanyak 28 peserta didik, sedangkan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui tes, pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan literasi peserta didik kelas IX pada materi PPKn yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil penilaian literasi yang dilakukan pada setiap siklusnya, yaitu nilai rata-rata peserta didik siklus I mencapai 71,43 sebanyak 35,71%, nilai rata-rata peserta didik siklus II mencapai 77,5 sebanyak 57,14%, dan nilai rata-rata peserta didik siklus III mencapai 83,93 sebanyak 92,86%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode mind mapping sangat efektif dapat meningkatkan literasi peserta didik pada materi harmoni keberagaman masyarakat Indonesia.

References

Abidin, Yunus., Tita Mulyati, dan Hana Yunansah. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

Anshori, Dadang S, dan Vismaia Sabariah Damaianti. Literasi dan Pendidikan Literasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2021.

Dewayani, Sofie. Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas. Yogyakarta: Kanisius, 2017.

Hidayat, Rahmat., dan Abdillah. Ilmu Pendidikan "Konsep, Teori, dan Aplikasinya." Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan, 2019.

Swadarma, Doni. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.

Suwandi, Sarwiji. Pendidikan Literasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.

Thabroni, Gamal. “Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia.” Serupa.id. Diakses 15 Januari 2024. https://serupa.id/harmoni-keberagaman-masyarakat-indonesia/

Utami, Purwani Puji. “Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Tunas Bangsa 4, no. 1 (2017): 42.

Windura, Sutanto. Mind Map “Langkah demi Langkah”. Jakarta: Gramedia, 2016.

Downloads

Published

2025-01-16