Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Konflik Sosial di Indonesia dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.2163Keywords:
hasil belajar, kooperatif, model make a matchAbstract
Pembelajaran yang berkualitas ditentukan dari seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa itu sendiri dan kreativitas yang di miliki oleh seorang pendidik. Salah satu strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai kebutuhan, agar siswa dapat termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan metode snowball throwing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan metode snowball throwing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada meteri PPKn. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan dalam tiga siklus dan subjek penelitian sebanyak 23 siswa SMA Attaqwa Bekasi kelas X. Sumber penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil presentase motivasi belajar siswa yang dilakukan pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Para pendidik dapat mengunakan metode snowball throwing sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Arikunto,S, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. 2009.
Hakim, Thursan, Belajar secara efektif. Jakarta: Pusaka Pembangunan Swadaya Nusantara. 2008.
I Made Laut Mertha Jaya. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyta. Yogyakarta: Quadran. 2020.
Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMP/Mts kelas IX. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018.
Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustak Pelajar. 2017.
Pratiwi, Sinta, E.El Faisal, and Sri Artati Waluyati. Pengaruh Manajemen Waktu Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. 2018.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2010.
Pujiyanto, H. Metode Observasi Lingkungan Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mts JIRA. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. 2021.
Rusman, Model-model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung; Rajawali Press. 2013.
Sumiarsih, Epon and Memed Karmedi. Upaya meningkatkan hasil belajar PKn Konsep kebebasan Berorganisasi dan Sikap Demokratis Melalui Model Pembelajaran Kooperatf Tipe Make a match Berbantukan media kartu bergambar di Gugus 2 Bima Sakti Sukmajaya Depok. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusama Negara. 2018.
Suprijono, Agus. Comperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eka Wulandari, Purwani Puji Utami, Nanda Lega Jaya Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License














