Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter di SMP Negeri 25 Depok
Keywords:
karakter, pelaksanaan, pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan program pendidikan karakter di Indonesia dengan menggunakan metode penelitian observasi. Metode penelitian observasi digunakan untuk mengamati secara langsung implementasi program pendidikan karakter di berbagai konteks pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan pembelajaran dan interaksi antara guru dan siswa dalam pelaksanaan program pendidikan karakter. Hasil yang didapat bahwa pendidikan karakter pada SMPN 25 Depok tidak hanya dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan tertentu tetapi juga dalam pembiasaan yang dapat dimasukan kedalam kegiatan pembelajaran. Pendidikan karakter yang ingin dibentuk oleh SMPN 25 Depok juga mengacu pada Visi dan Misi sekolah itu sendiri. Dampak dari adanya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada SMPN 25 Depok juga dapat dirasakan oleh warga sekolah. Efektivitas keberhasilan pada setiap kegiatan Pendidikan Karakter pun sangat baik untuk sekolah, siswa, maupun guru.
References
Agus Wibowo. (2012). Pendidikan Karakter: strategi membangun karakter bangsa melalui peradaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fathurrohman, P., Suryana, A., Fatriani, F., & Gunarsa, A. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Lickona, T. (2013). Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Furqon Hidayatullah. (2010). Pendidikan Karakter; Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Mansyur, R. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter: Berdasarkan Pengalaman Disatuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum dan Perbukuan Kemendiknas RI.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Novan Ardi Wiyani. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Prabowo, S., & Nurmaliyah, F. (2010). Perencanaan Pembelajaran: Pada Bidang Study, Bidang Study Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan dan Konseling. Malang: UIN-Maliki Press.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zubaidi. (2011). Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Isnenda Putri Pangestu, Nanda Lega Jaya Putra, Eka Rini Wardani, Aszrilla Gandhis Wardhanu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License