Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter di Madrasah Tsanawiyah Negeri 14 Jakarta
Keywords:
Bangsa, Karakter, PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan program pendidikan karakter di Indonesia dengan menggunakan metode penelitian observasi. Metode penelitian observasi digunakan untuk mengamati secara langsung implementasi program pendidikan karakter di berbagai konteks pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan pembelajaran dan interaksi antara guru dan siswa dalam pelaksanaan program pendidikan karakter. Hasil yang didapat bahwa program pendidikan karakter terbukti dapat merubah serta memberi pertahanan secara bertahap dalam membangun serta memulihkan karakter peserta didik dari pengaruh gadget di era globalisasi serta majunya perkembangan teknologi saat ini. Dengan penyatuan unsur nilai-nilai Agama Islam, Ilmu Pengetahuan, serta penanaman nilai Budaya dengan melestarikannya dalam program pendidikan karakter bangsa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 14 Jakarta telah membawa peserta didiknya menjadi siswa/siswi yang cerdas berprestasi, berjiwa nasionalis, serta berakhlakul karimah. Selain itu, terwujud Ukuwah Islamiyah yang baik dilingkungan sekolah serta keluarga dan masyarakat sekitar.
References
Amri, Sofan dkk. 2011. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Bank, James A. & Bank, Cherry A. 1997. Multicultural Education:issue and perspectives. Boston: Allyn and Bacon.
Budhiman, Arie. 2017. Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.
Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2007), h. 156.
Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2002), h. 180.
Howard, R. W., et al. 2014. Politics of character education. Educational policy, (18), 188-215.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter. Jakarta: Kemendikbud.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Krippendorff, Klaus. 2004. Content analysis an introduction to its methodology. London: International Education and Professional Publisher.
Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan karakter konsepsi & implementasinya secara terpadu dilingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, & masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosadakarya, 2008), h. 247.
Lickona, T. 1991. Educating for character: how our school can teach respect and responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Auckland: Bantam Books.
Mardikarini, Sasi dan Suwarjo. 2016. Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku teks kurikulum 2013 pegangan guru dan pegangan siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (6), 261-274.
Marzuki. 2012. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal
Pendidikan Karakter, (2), 33-44.
Normawati. 2015. Nilai pendidikan karakter dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (5), 48-69.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran.
Rukiyati, Y. Ch. Nany Sutarini, P. Priyoyuwono. 2014. Penanaman Nilai Karakter dan Kerja Sama Terintegrasi dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, (2), 213-224.
Silay, Nur. 2014. Another type of character education: citizenship Education. International Journal of Education, (6), 1-10.
Sutrisno Hadi, Metodologi Research, (Yogyakarta : Andi Offset, 1994), h. 141.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan karakter landasan, pilar & implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pendidikan Karakter untuk Kebangsaan (2022) Ditulis Oleh Ija Suntana. Kategori Kolom Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati https://lib.uinsgd.ac.id/publikasi/kolom-perpustakaan/70-pendidikan-karakter-untuk-kebangsaan.htmlGoos, M. (2019). Publishing for International Impact in Mathematics Education Research Journals. In Leatham K. (ed), Designing, Conducting, and Publishing Quality Research in Mathematics Education (pp. 213-225). Switzerland: Springer, Cham.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aulia Fajarianti, Saryono Saryono, Noor Mela Santi, Muhamad Gifar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License