Pemahaman Siswa tentang Budaya Politik dan Kesadaran Berdemokrasi dengan Komitmen Berakhlakul Kharimah
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v1i1.916Keywords:
Budaya Politik, Kesadaran Berdemokrasi, Akhlakul KharimahAbstract
Akhlakul karimah tidak lahir begitu saja menjadi kodrat manusia atau muncul secara tiba-tiba. Akan tetapi membutuhkan proses yang panjang serta memanifestasi seumur hidup melalui pembelajaran atau pendidikan akhlak yang sistematis bersifat menyeluruh meliputi 4 dimensi kehidupan manusia yaitu fisik, mental, emosional dan spiritual. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Hubungan pemahaman budaya politik dan kesadaran berdemokrasi dengan komitmen berakhlakul karimah. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI di SMK Kecamatan Serang Baru Bekasi berjumlah 139 siswa yang berada di 5 Sekolah. Untuk sampel digunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 103 orang siswa. Untuk ujicoba instrumen diambil sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat hubungan positif pemahaman budaya politik dan kesadaran berdemokrasi secara bersama-sama dengan komitmen berakhlakul karimah dengan koefisien korelasi R sebesar 0,803 dan persamaan regresi berganda ?=42,84+0,46X1+0,32X2 dan harga Fhitung=91,026>3,09=Ftabel pada taraf signifikansi ?=0,05. Hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima pada taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Terdapat hubungan positif pemahaman budaya politik dan kesadaran berdemokrasi secara bersama-sama dengan komitmen berakhlakul karimah pada siswa SMK di Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi.
References
Abidin, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Budaya Politik Dan Sikap Demokrasi Melalui Metode Problem Solving. Sintesa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 58-66.
Alwan, M. Z., & Warsono, W. (2021). Penerapan Demokrasi Pancasila dalam Proses Pemilihan Ketua Umum Himnas PPKn pada Kongres dan Rakernas di Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2018. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 9(1), 218-232.
Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Introduction to research in education. Mason, OH: Cengage Learning.
Azis, M. R., & Ruslan, R. (2021). Upaya Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa Dalam Pembelajaran PAI di Era Milenial. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 8(1), 128-138.
Budiardjo, M. (2000). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Ghazali, A. I. (1991). Ihya? Ulumuddin, asy-Syifa?. Semarang: CV Asy Syifa.
Harefa, D., & Fatolosa Hulu, M. M. (2020). Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan. Banyumas: PM Publisher.
Odiorne, G. S. (1990). The human side of management. San Diego California: Lexington Books.
Pudjiastuti, S. R. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Depok: Fatma Aji.
Pudjiastuti, S. R. (2019). Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Pudjiastuti, S. R. (2020a). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Generasi Milenial. In Tim Asosiasi Dosen Pancasila dan Kewarganegaraan. Implementasi Nilai-Nila Pancasila Di Era 4.0, pp. 65-88. Depok: Gemala.
Pudjiastuti, S. R. (2020b). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Paham Radikal. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(2), 32-39.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Citizenship Virtues
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License