Pengembangan Model Numbered Heads Together Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Pancasila dan Pembentukan Karakter Disiplin
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v1i1.914Keywords:
Numbered Heads Together, Nilai Pancasila, Karakter DisiplinAbstract
Model mengajar dapat dipahami sebagai kerangka konseptual yang mendeskripsikan dan melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar dan pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris dengan penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) secara daring. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Ignatius Slamet Riyadi Jakarta yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai informan, dan sebagai kay informan adalah guru bidang study PPKn. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa model NHT secara daring efektif untuk meningkatkan pemahaman dan membentuk karakter peserta didik SMP Ignatius Slamet Riyadi, keberhasilan tindakan ditandai dengan 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai 73. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai kelas pada pretes=62; pada ujicoba produk I=54; ujicoba produk II=73; dan ujicoba produk III=88. Dengan prosentase ketuntasan dari pretes peserta didik=7,14% meningkat menjadi 14,2% pada ujicoba produk I, kemudian pada ujicoba produk II=46,4% meningkat lagi menjadi 100% pada ujicoba produk III. dan dikategorikan tuntas atau tercapai dengan KBM sebesar 73.
References
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Jakarta: Prenada Media.
Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017a). Lebih memahami konsep dan proses pembelajaran: Implementasi & Praktek dalam Kelas. Jakarta: Kata Pena.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017b). Sukses Mengajar: Panduan Lengkap menjadi Guru Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Pustaka Diantara.
Maharani, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Bagi Siswa Kelas VI SDN 4 Ngraho Kedungtuban Blora Semester I Tahun 2015/2016. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 3(2), 195-215.
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132-140.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaodih, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Pudjiastuti, S. R. (2019). Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Pudjiastuti, S. R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Paham Radikal. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(2), 32-39.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Citizenship Virtues
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License