Pengembangan Media Monopoli Berbasis Team Games Tournament Untuk Menumbuhkan Karakter Gotong Royong dan Peduli Sosial Siswa

Authors

  • Salwa Marsela SMP Islam Al-Isra Jakarta
  • Sri Rahayu Pudjiastuti STKIP Arrahmaniyah
  • Isep Sunandi Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v5i2.2501

Keywords:

Karakter gotong royong, Monopoli, Peduli sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media monopoli berbasis team games tournament dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter gotong royong dan peduli sosial di SMP Islam Al-Isra Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Responden dalam penelitian ini berjumlah 71 anak dengan kelas kontrol sebanyak 32 anak dan kelas eksperimen 39 anak. Permainan media monopoli terbukti menjadi permainan  yang valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan nilai karakter gotong royong dan peduli sosial siswa kelas VIII SMP Islam Al-Isra. Secara empiris, media monopoli menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan nilai karakter gotong royong dan peduli sosial siswa. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa semua komponen media monopoli memperoleh skor 93%, dengan beberapa aspek seperti prinsip reaksi dan sistem pendukung mendapatkan nilai sangat tinggi (>90%). Hal ini menegaskan bahwa desain program ini telah memenuhi kriteria teoritis dan praktis untuk diterapkan pada mata pelajaran pendidikan pancasila di sekolah menengah. Hasil uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Aktivitas dalam program bermain bersama, berdiskusi jawaban yang paling benar, kerja kelompok, dan praktik lapangan mendorong siswa untuk meningkatkan karakter gotong royong dan peduli sosial.

References

Aditia, H. R., Hamiyati, & Rusilanti. (2016). Hubungan pola asuh orang tua dengan kepedulian sosial remaja. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 3(2), 92–101.

Amalia, A. (2019). Penelitian pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

AP, N., & Amir, A. E. K. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD Inpres 7/83 Pasempe Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2), 53–62.

Astuti, W., & Kristin, F. (2017). Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 5(5), 155–162.

Fitroh, S. F. (2015). Dongeng sebagai media penanaman karakter pada anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 54–62.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. (2018). Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi dunia hewan kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 56–73.

Khoirunnisa. (2020). Pengaruh media pembelajaran Monopoly Game Smart terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi sejarah kelas X di SMA N 14 Batam tahun pelajaran 2020/2021 (Skripsi, FKIP Universitas Riau Kepulauan).

Kodir, A., & Haris, B. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya sikap sosial siswa pada masa pandemi Covid-19 di SMPI As-Shofiani Ahmadi. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 9(7), 1203–1212.

Listyarini, D. W., As’ari, A. R., & Furaidah. (2018). Pengaruh model Teams Games Tournament berbantuan permainan Halma terhadap minat dan hasil belajar pada materi bunyi siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 538–543.

Nugroho, N. (1978). Masalah penelitian sejarah kontemporer (Suatu pengalaman): Ceramah tanggal 3 Desember 1977 di Gedung Kebangkitan Nasional Jakarta. Jakarta: Yayasan Idayu.

Prasetyo Utomo, E. (2018). Internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS untuk membangun modal sosial peserta didik. JTP2IPS, 3, 96–105.

Pudjiastuti, S. R. (2019). Penelitian pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Rolitia, M., et al. (2019). Nilai gotong royong untuk memperkuat solidaritas dalam kehidupan masyarakat Kampung Naga. Jurnal Penelitian Ilmiah, 5(1), 5–11.

Samani, M., & Hariyanto. (2014). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samani, M., & Haryanto. (2011). Pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. Jurnal SAP, 1(1), 45–53.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran: Teori dan aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanna, S. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) melalui media kartu domino pada materi minyak bumi siswa kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93–101.

Umayah, R. (2020). Penerapan media pembelajaran monopoli berbasis PAIKEM dalam peningkatan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VII SMP Negeri 1 Jabon. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(2), 115–123.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2025-09-30