Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi Interaktif Berbasis Powtoon Untuk meningkatkan Hasil Belajar Dan Partisipasi Aktif Siswa Pada Materi Budaya Demokrasi
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v5i2.2487Keywords:
Partisipasi Aktif, Powtoon, Vidio AnimasiAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan Media Pembelajaran Vidio Animasi Interaktif Berbasis Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Partisipasi Aktif Siswa Pada Materi Budaya Demokrasi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subyek penelitian siswa kelas VII MTs Insan Taqwa Ciomas Kabupaten Bogor. Penilaian hasil belajar menggunakan instrumen tes. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa pada materi budaya demokrasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan Media pembelajaran Video animasi interaktif berbasis powtoon dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi budaya demokrasi. setelah adanya penerapan media pembelajaran video animasi interaktif berbasis powtoon, selisih kenaikan dan perubahan peningkatan nilai rata-rata siswa sebelum adanya penerapan media pembelajaran video animasi interaktif berbasis powtoon yaitu 73,33 dan nilai rata-rata siswa sesudah adanya penerapan media pembelajaran video animasi interaktif berbasis powtoon yaitu 80,00. (2) Validasi kelayakan media pembelajaran video animasi interaktif berbasis Powtoon dilaksanakan oleh ahli materi, media, dan bahasa yang kompeten disetiap bidangnya. Nilai kualitas materi dari ahli materi mendapat persentase 82% dengan kategori baik. Nilai kualitas media dari ahli mediai mendapat persentase 92% dengan kategori sangat baik. (3) Berdasarkan hasil perhitungan analisis indeks gain terjadi peningkatan pada hasil proses pembelajaran dengan indeks gain menunjukkan nilai 0,73 dengan kategori tinggi.
References
Al-Bulushi, A. H., & Ismail, S. S. (2017). Developing an online pre-service student teaching system using ADDIE approach in a Middle Eastern university. Theory and Practice in Language Studies, 7(2), 116–123.
Akbar, B. I. (2016). Pengembangan media video animasi Powtoon pada kelas II mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SD Labschool UNNES (Tesis, Universitas Negeri Semarang). UNNES.
Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125.
Lestari, D. (2017). Pengaruh media pembelajaran berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran menggambar bentuk bidang kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMK 4 Tangerang Selatan. Jakarta: [Penerbit tidak tercantum].
Yuliani, H., Pudjiastuti, S. R., & Suidat. (2025). Pengembangan video animasi wayang kulit berbasis project based learning dalam membentuk karakter berkebhinekaan global dan etika kewarganegaraan generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 5(1), 45–56.
Kiswanto, H. (2012). Pengembangan media pembelajaran digital. Yogyakarta: UM Press.
Nugraha, J., & Zaini, M. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Adobe Premiere Pro pada kompetensi dasar mengelola kegiatan humas kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349–361. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/10136
Hariati, P. N. S., Lily, R., & Islamiani, S. (2020). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap respon siswa dalam pembelajaran matematika operasi bilangan bulat. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 18–22.
Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis konteks budaya lokal untuk pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 49–60.
Mardiyasa, P., et al. (2016). Film animasi pembelajaran sistem pencernaan manusia pada kelas VIII SMP Negeri 3 Banjar tahun ajaran 2015/2016. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 5(2), 129–139.
Wahyuni, R. (2017). Media pembelajaran berbasis video animasi pada mata kuliah logika dan algoritma. Bekasi Barat: [Penerbit tidak tercantum].
Pudjiastuti, S. R. (2019). Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan media video animasi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Edusains, 7(1), 57–63.
Wijaya, W. P., & Sakti, H. G. (2021). Efektivitas media pembelajaran Adobe Illustrator berbasis tutorial kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran prakarya. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher), 2(1), 1–10. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/teacher/issue/archive
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Citizenship Virtues

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License