Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Mempromosikan Moderasi Beragama di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v5i2.2483Keywords:
Karakter, Kewarganegaraan, Moderasi Beragama, ToleransiAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran PPKn dalam mempromosikan moderasi beragama, serta mengidentifikasi strategi dan praktik terbaik yang dapat diterapkan di lingkungan pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka terhadap berbagai sumber primer dan sekunder, meliputi buku, artikel ilmiah, dan dokumen kebijakan. Data dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelian ini menunjukkan integrasi PPKn dan moderasi beragama terbukti mampu meningkatkan pemahaman peserta didik tentang toleransi, menghargai perbedaan, dan menghindari sikap ekstrem. Strategi efektif meliputi pendekatan kurikulum integratif, pembelajaran kolaboratif antara guru PPKn dan guru agama, metode aktif seperti diskusi, debat, dan role-playing, serta penguatan peran keluarga dan masyarakat. PPKn dan moderasi beragama berkontribusi signifikan dalam membangun ketahanan nasional berbasis nilai Pancasila. Implementasi yang konsisten dan dukungan kebijakan yang tepat dapat menjadi kunci terciptanya generasi muda yang berkarakter, moderat, dan siap menghadapi tantangan global.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Citizenship Virtues

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License