Pengembangan Media Puzzle dengan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Hak dan Kewajiban untuk Meningkatkan Disiplin dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Esih Sukaesih SDN Pabuaran 02 Bojonggede
  • Herinto Sidik Iriansyah STKIP Kusuma Negara
  • Suidat Suidat STKIP Arrahmaniyah

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v5i2.2482

Keywords:

Disiplin, Media puzzle, Metode jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis puzzle dengan metode jigsaw untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah sekaligus memperbaiki hasil belajar pada materi Hak dan Kewajiban. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Borg dan Gall, yang melibatkan proses perencanaan, pengembangan, validasi, hingga uji coba lapangan. Subjek penelitian terdiri atas tiga ahli validator (materi, media, dan pendidikan), seorang guru, serta 60 siswa sekolah dasar sebagai responden. Data dikumpulkan melalui angket validasi, tes hasil belajar, dan observasi kedisiplinan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media puzzle yang dikembangkan sangat layak digunakan, ditunjukkan dengan persentase kelayakan ahli materi sebesar 92%, ahli media 96%, ahli pendidikan 100%, penilaian guru 94,44%, dan penilaian siswa 90,10%. Uji efektivitas dengan paired sample t-test mengungkapkan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest pada variabel disiplin (t = -11,042; p < 0,05) maupun hasil belajar (t = -7,899; p < 0,05). Analisis normalized gain (N-Gain) menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang, yaitu 0,486 untuk disiplin dan 0,313 untuk hasil belajar. Temuan ini membuktikan bahwa media puzzle berbasis metode jigsaw tidak hanya valid dan layak, tetapi juga efektif sebagai alternatif media pembelajaran yang mampu memperkuat nilai karakter disiplin serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn.

.

References

Anggraini, R., & Sukma, D. (2024). Hubungan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa. Masaliq, 4(3), 750–759.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. New York: McGraw-Hill Education.

Arisman, S., Fitria, D., & Maryana, A. (2022). Peran guru PPKn dalam mengembangkan sikap disiplin pada proses pembelajaran siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Geringging. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 37–46. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.620

Deka, E., et al. (2023). Peningkatan pemahaman konsep luas daerah bangun datar melalui media puzzle di kelas IV SDN Jamanis. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 172–179.

Elyasa, D., et al. (2023). Peningkatan pemahaman konsep luas daerah bangun datar melalui media puzzle di kelas IV SDN Jamanis. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 172–179.

Fahruzi, S. (2023). Efektivitas metode jigsaw terhadap kegiatan membaca dan berhitung dalam proses pembelajaran siswa. Journal of Research and Investigation in Education, 40–47.

Febri, P., et al. (2023). Mandiri dan critical thinking: Analisis hak dan kewajiban siswa di sekolah dan di rumah. JPT: Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 270–288.

Haryanto, A. T., Susanto, A., & Suyitno, S. (2024). Upaya meningkatkan hasil belajar dengan metode jigsaw kelas X pelajaran PDTo SMK Widya Kutoarjo. Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan dan Pengajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Iriansyah, H. S., et al. (2022). Pengaruh budaya hidup tertib terhadap karakter disiplin dalam belajar. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1), 193–202.

Mahmudi, I., et al. (2022). Taksonomi hasil belajar menurut Benjamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132

Mabuka, O. (2021). Tata tertib sekolah berperan sebagai pengendali perilaku siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 367. https://doi.org/10.5281/zenodo.4724351

Pohan, N. L., & Silalahi, E. K. (2023). Pengembangan media puzzle menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN 060934 Kwala. Prosiding Seminar Nasional PSSH. Universitas Quality.

Prastiko, M. A. D., Komala, K., & Subkhan, M. (2024). Telaah Kurikulum Merdeka dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad-21. Sintesa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1).

Pudjiastuti, S. R. (2019). Penelitian pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Pandanwangi, P. S., & Widodo, P. (2022). Ideological perspective on guideline “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka” through systemic functional linguistics. Litera. https://doi.org/10.21831/ltr.v21i3.51277

Saputra, M. I., Al Faiz, M. I., & Gusmaneli, G. (2024). Pengembangan keterampilan sosial dan akademik siswa melalui strategi pembelajaran kooperatif. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan dan Humaniora, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1471

Setiawan, A. R. (2020). Masalah dasar empat metode untuk menganalisis data pembelajaran.

Sirait, F. N. S., Panjaitan, M. B., & Thesalonika, E. (2023). Pengaruh media pembelajaran puzzle terhadap matematika. Sukma: Jurnal Pendidikan, 7(1), 23. https://www.jurnalsukma.org/index.php/sukma/article/view/274

Suherman, T. (2021). Pengaruh penerapan tata tertib sekolah terhadap disiplin belajar PAI dan prestasi belajar PAI. Jurnal Sosial Sains, 1(3), 170–188. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i3.50

Suratiningsih. (2021). Puzzle sebagai solusi peningkatan motivasi belajar siswa. At-Tarbawi, 13(1), 16–27. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v13i1.2710

Siregar, T. (2023). Stages of research and development model research and development (R&D). DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(4), 142–158. https://doi.org/10.58355/dirosat.v1i4.48

Utomo, W. A., et al. (2023). Pemahaman hak dan kewajiban untuk meningkatkan kedisiplinan siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 826–830. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4822

Published

2025-09-30