Pengembangan Media Video Animasi Canva dengan Pendekatan STAD untuk Meningkatkan Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Norma
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v5i2.2478Keywords:
Media canva, Norma, Video animasiAbstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh data empiris mengenai pengembangan media video animasi berbasis Canva dengan metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi norma untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Karya Bangsa Kota Depok. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitian siswa kelas VII, guru PPKn, dan ahli IT sebagai informan. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur pemahaman, observasi untuk menilai motivasi belajar, serta angket untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Canva dengan metode STAD efektif meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 87,14, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 80,21. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi berbasis Canva dengan metode STAD dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa pada materi norma.
References
Arends, Richard I. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Education, 2012.
Arnheim, R. (2024). Art and Visual Perception: A Psychology of the Creative Eye. University of California Press.
Gagné, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Wadsworth.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. 96–102.
Hari Nurachmad. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD (Student Team Achivement Divition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Marmoyo Jombang”. JPGSD Volume 2 Nomor 03, 132–139.
Heni Yuliani, Sri rahayu Pudjiastuti, Suidat (2025),”Pengembangan Vidio Animasi Wayang Kulit Berbasis Project Based Learning dalam Membentuk Karakter Berkebhinekaan Global dan Etika Kewarganegaraan Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues 5(1), p.415-424.
Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Educational Technology: A Definition with Commentary. Routledge.
Kemp, J. E. & Dayton, D. K. (2005) Planning & producing instructional media (5th ed.). New York: Harper & Row, Publishers.
Lee, W.W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instruction design: computer-based-training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solution. New York: Pfeiffer.
Lestari, Putri Ayunia, et al. (2022).Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE) 2.1: 47-54.
Mustika Ningsih, Sri Rahayu Pudjiastuti, Ivon Mukaddamah, (2023) “Media Pembelajaran Vidio Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Sila Ketiga dan Kesadaran Hidup Rukun” Jurnal Citizenship Virtues 3(1), p.415-424.
Panggabean, D. D., Ramadhani, I., & Irfandi. (2020). Pembuatan media video pembelajaran fisika SMA dengan whiteboard animation [sumber elektronis]. CV. Media Sains Indonesia.
Pudjiastuti, Sri Rahayu (2019), Metode Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Media Akademi.
Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317– 327.
Rahmawati, Farida, and Idam R. W. Atmojo. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 6.pp. 6271-6279,doi:10.31004/basicedu.v5i6.1717
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430.
Triningsih, D. E., Karangploso, S. M. P. N., & Malang, K. (2021). Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. 15(1), 128–144.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Citizenship Virtues

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License