Pendidikan Pancasila sebagai Sarana Penguatan Nasionalisme di Tengah Arus Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v5i2.2356Keywords:
Globalisasi, Identitas nasional, Nasionalisme, PancasilaAbstract
Penelitian ini membahas peran strategis Pendidikan Pancasila dalam memperkuat nasionalisme di tengah arus globalisasi yang semakin masif. Globalisasi membawa tantangan serius terhadap identitas nasional, nilai-nilai kebangsaan, dan semangat cinta tanah air, terutama bagi generasi muda. Dalam konteks ini, Pendidikan Pancasila hadir sebagai instrumen penting untuk menanamkan nilai-nilai luhur bangsa seperti gotong royong, keadilan sosial, persatuan, dan rasa tanggung jawab terhadap negara. Melalui pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan integratif, Pendidikan Pancasila diharapkan mampu membentuk karakter warga negara yang kritis, berdaya saing global, namun tetap berakar kuat pada jati diri bangsa. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis literatur sebagai metode utama. Hasil kajian menunjukkan bahwa penguatan nasionalisme melalui Pendidikan Pancasila sangat relevan dan mendesak guna menjaga integritas dan kedaulatan bangsa di era global.
References
Alfiana, H. N., & Najicha, F. U. (2022). Krisis identitas nasional sebagai tantangan generasi muda di era globalisasi. Jurnal Pendidikan, 9(1).
Gulo, I. N. H., Khinanti, L. D., & Manurung, K. (2024). Rendahnya sikap nasionalisme mengakibatkan meningkatnya sikap egoisme di kalangan remaja (Studi kasus: Kelas VIII SMP N 35 Medan). Journal on Education, 6(4), 19188–19195.
Lestari, E. Y., Janah, M., & Wardanai, P. K. (2019). Menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era globalisasi melalui penerapan nilai-nilai Pancasila. ADIL Indonesia Journal, 1(1), 12–21.
Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25.
Pujasmara, D. D., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Globalisasi sebagai pengaruh nilai nasionalisme bagi generasi muda. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7430–7435.
Qari, A. R., Yunita, U. T., Nurhaliza, S., & Wati, D. S. (2024). Upaya integrasi nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi. JIMA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa – Research Findings, Literature Review, and Systematic Review, 2(1), 64–70.
Sartika, R., & Ndona, J. (2024). Peran pendidikan Pancasila dalam implementasi pendidikan karakter di era 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 121–134.
Sartika, R., Praja, W. N., & Azis, A. (2022). Sustainable development goals: Recognition of Pancasila education materials in shaping student ethics in the digital era. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(2), 303–309.
Suhandi, A. M., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai Pancasila terhadap esensi nilai humanisme dalam kehidupan bermasyarakat di kalangan generasi muda. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 3(1).
Widiyono, S. (2021). Pengembangan nasionalisme generasi muda di era globalisasi. POPULIKA, 7(1), 12–21.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Citizenship Virtues

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License