Analisis Pelaksanaan Budaya 5s Untuk Menguatkan Karakter Peduli Sosial Di SDN Tambirejo

Authors

  • Lulu' Unadiroh Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria
  • M. Syafruddin Kuryanto Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v5i1.2311

Keywords:

Budaya 5s, Karakter, Peduli sosial, Budaya 5S.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena banyaknya siswa yang belum peduli terhadap sekitar. Oleh karena itu perlu diadakannya penguatan karakter peduli sosial melalui budaya 5S di SDN Tambirejo. Dalam membentuk karakter peduli sosial pada siswa menjadi lebih baik, guru SDN Tambirejo melaksanakan budaya 5S dan memberikan contoh bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanakan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) pada siswa SDN Tambirejo, dengan rumusan masalah mendeskripsikan pelaksanaan budaya 5S pada siswa SD dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan budaya 5S pada siswa SDN Tambirejo. Penelitian ini membahas tentang penguatan pendidikan karakter dalam budaya 5S pada siswa SDN Tambirejo. Budaya 5S dapat mempengaruhi karakteristik siswa karena pada usianya mudah untuk melaksanakan budaya 5S.Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV, dan guru kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa SDN tambirejo telah melaksanakan pendidikan karakter terutama peduli sosial melalui budaya 5S (senyum,salam, sapa, sopan,santun). Budaya 5S dilakukan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan dan keteladanan. Selain itu guru juga menguatkan karakter peduli sosial melalui pembelajaran.

 

References

Aminu, N., & Adri, D. (2023). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran bagi Siswa SD Negeri 71 Buton. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 79- 87.

Andriani. (2018). Implementasi Progam Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Adminitrasi danManajemen Pendidikan, Hal:238-244.

Anggraeni, F. S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol.1 (2): 147-153.

Annisa. (2019). Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) dalam Pembentukan Karakter Siswa/Siswi di SD Muhammadiyyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, Vol 2 (2): 187-204.

Asmani,J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Jogjakarta: Diva Press.

Efendi, R., Ningsih, A. R., & SS, M. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: Qiara Media.

Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Menghubungkan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 380-390.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Indrastoeti, J. (2011). Penanaman Nilai-nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Iswadi, M. P., Karnati, N., Ahmad Andry, B., & Adab, P. (2023). STUDI KASUS Desain Dan Metode Robert K. Yin. Indramayu: Adab.

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Progam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.2 No.1Hal.28-31.

Maulidah, F. d. (2019). Implementasi Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SDN Suruh Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.7 (4) :3285-3294.

Downloads

Published

2025-03-31