Pengembangan Video Animasi Wayang Kulit Berbasis Project based learning Dalam Membentuk Karakter Berkebhinekaan Global Dan Etika Kewarganegaraan Generasi Z

Authors

  • Heni Yuliani SDN Ciledug Barat
  • Sri Rahayu Pudjiastuti STKIP Arrahmaniyah
  • Suidat Suidat STKIP Arrahmaniyah

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v5i1.2278

Keywords:

Etika Kewarganegaraan, Project Based Learning, Video Animasi

Abstract

Banyaknya siswa yang bertindak tidak sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku, maka karakter berkebhinekaan global dan etika kewarganegaran perlu diterapkan dan direalisasikan untuk tercapainya perilaku yang diharapkan. Salah satu faktor penting dalam membentuk karakter berkebinekaan global dan etika kewarganegaraan siswa adalah saling menghormati, menghargai serta mengenal adanya sebuah perbedaan di dalam keberagamaan melalui media pembelajaran video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efek dari media pembelajaran video animasi berbasis wayang kulit dalam membentuk karakter berkebinekaan global dan etika kewarganegaraan generasi gen Z. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  yang mana metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk. Subjek penelitian  siswa kelas IV SDN Ciledug Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan  observasi, wawancara, dokumentasi dan angket, untuk menganalisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan juga analisis data angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pengembangan media video animasi berbasis wayang kulit layak dan efektif dalam membentuk karakter berkebinekaan global dan etika kewarganegaraan siswa. Adapun pembentukan karakter yang dilakukan adalah mampu menghargai dan menghormati keberagaman budaya yang ada dalam Berkebinekaan Global.

References

Ali, “Eksitensi dan problematika pelestarian wayang kulit pada generasi muda”, Jurnal prakis dan edukasi, Volume 5, No, 2, hal. 123.

Chairunisa Liani “Pengaruh video pembelajaran berbasis animasi terhadap Tingkat pemahaman materi pada mata pelajaran PKN”, skripsi tahun 2022, hal. 40.

Deni Nur Wijayanti, “Penguatan dimensi kebhinekaan global profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 18 No. 1 Juni 2023, hal. 174.

Endang Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, (Bandung, Alfabeta, 2013), hal. 163-165

Fitri, “Pengembangan media video pembelajaran menggunakan aplikasi kinimaster pada pembelajaran tematik”, Jurnal Basicedu, Volume 5 No. 6 hal. 6330.

Kemendikbud, 2010), Hal. 03.

Kevin Ryan & Keren E. Bohlin, Building Character At School, (Yossey-Bassa, 1999), h.5

Kurinawati Et, Al, “Analisis penanaman nilai cinta tanah air melalui kegiatan literasi membaca cerita rakyat disekolah dasar”, tahun 2023, Volume 14, Hal. 31.

Laily Rahmayanti, “Pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar siswa”, tahun 2016 Vol.6. No.4 hal.431.

Lasbijanto 2013, Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol 10 Nomor 2 tahun 2022.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2013), hal. 164.

Nurgiansyah, “Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 18 No.1, Hal. 174.

Nurun dan Nanang, “Analisis Pembentukan Karakter Berkbhinekaan global”, Jurnal Pendidikan Dasar, Hal. 77.

Refa Anisa Yudha, “Penguatan Karakter Berkbhinekaan global melalui budaya sekolah”, Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 7 No. 1 Juni 2023. Hal. 597.

Rosanaya, “Pengembangan Media Pembelajaran berbasis video animasi pada materi jurnal penyesuain Perusahaan jasa”, 2021 hal. 3.

Said Hamid Hasan,dkk, “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa”, (Jakarta:

Septiana Sulastri, “Penanaman Nilai Pendidikan Karakter jujur dalam aspek keterampilan berbicara dan menulis”, tahun 2019, Hal.109.

Siti Romelah, “Implementasi nilai berkbhinekaan global dalam profil pelajar pancasila untuk menghadapi kritis identitas nasional” Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, Vol. 1 No. 5 September 2023, Hal. 102.

Sri Rahayu Pudjiastuti, Metodologi Penelitian Pendidikan (Yogyakarta: Media Akademi, 2019) Hlm. 77.

Sri Rahayu Pudjiastuti & Ivon Mukaddamah (2023), “Media Pembelajaran Vidio Animasi Untuk Meningkatkan Peahaman Sila Ketiga dan Kesadaran Hidup Rukun”, Jurnal Citizenship Virtues 3(1), 415-424.

Sri Rumiati, AA>Karim, C.darmawan, S Fitriasari, SR Pudjiastuti,(2022), “Establishment of Student Character Throught Citizens Ethics in The Digital Era” Proceeding of International Conference on Education 1, 14-24.

Tri dan Arifin “ Membentuk profil pelajar Pancasila dimensi berkbhinekaan global melalui pendidikan multicultural di pendidikan dasar, Jurnal riset pedagogik, Vol. 7 No. 3 tahun 2023.

Zubaedi, 2011, Desain Pendidikan Karakterkonsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan, Jakarta: Kencana prenada media group

Downloads

Published

2025-03-31