Relevansi Nilai-nilai Pancasila dalam Mengasah Kritisisme Masyarakat Modern

Authors

  • Lutfi Hardiyanto STKIP Kusuma Negara
  • A Irawatie Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Saryono Saryono STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v5i1.2274

Keywords:

Nilai, Pancasila, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi nilai-nilai Pancasila dalam mengasah kemampuan berpikir kritis masyarakat Indonesia di era disinformasi. Dalam konteks era digital yang ditandai dengan maraknya hoaks dan informasi yang menyesatkan, kemampuan berpikir kritis menjadi semakin penting. Melalui analisis literatur, penelitian ini mengungkap bahwa nilai-nilai Pancasila memiliki potensi besar dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Namun, implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata masih menghadapi berbagai tantangan, seperti perubahan konteks sosial budaya, kualitas pendidikan Pancasila, dan keteladanan tokoh publik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Pancasila yang efektif dan relevan dengan konteks zaman serta dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mengoptimalkan peran Pancasila dalam membentuk masyarakat Indonesia yang kritis dan berkarakter.

References

Annisa, H., & Ulfatun Najicha, F. (2021). Wawasan Nusantara Dalam Memecahkan Konflik Kebudayaan Nasional. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 40–48. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5615

Alhudawi, U. (2023). Filsafat Pancasila Dalam Perkembangan Teknologi. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 26-32.

Adhari, F. N., & Dewi, D. A. (2022). Menurunnya Nilai Pancasila Sila Ke 5 Sebagai Dampak Perkembangan Teknologi Pada Kaum Generasi Milenial. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 114-119.

Arum, W. S. A., Fahri, M., Amelia, N., & Watini, S. (2023). Implementasi Perkembangan Ilmu dan Teknologi Dalam Pendidikan Karakter Pancasila. Technomedia Journal, 8(1 Special Issues), 18-29.

Fadilah, N., & Najicha, F. U. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sila Pertama Dalam Era Pembelajaran Daring Universitas Sebelas Maret. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 72-78.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons LLC: Insight Assessment. [Online]. Diakses dari: www.insightassessment.com.

Kuhn, D. (2007). How to produce a high-achieving child. Phi Delta Kappan, 88(10), 757-763.

Putri, S. S., & Najicha, F. U. (2022). Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh dan Pengaruhnya Terhadap Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 509-518.

Prihandini, N. K. (2020). Literasi Media dan Kritisisme dalam Era Digital: Sebuah Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(2), 123-135

Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan Sikap Nasionalisme Warga Negara : Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59–64. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.5755

Sanusi, U. (2019). Peran Pancasila Dalam Perkembangan Dan Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal TEDC, 13(3), 311-318.

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 53-58.

Schafersman, S. D. (1991). An Introduction To Critical Thinking. [Online]. Diakses dari: http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html.

Sudjito, (2007), Pancasila Sebagai Paradigma Ilmu, Pusat pendidikan Pancasila dan Konstitusi, https://pusdik.mkri.id/materi/materi_190_(449847647)%20Prof%20Dr.%20Sudjito%20(Makalah%20utk%20Dosen).pdf diakses 2 september 2024

Nurhadi Sucahyo. (2019). Hoaks Makin Merajalela Jelang Pemilu, https://www.kominfo.go.id/content/detail/17270/hoaks-makin-merajalela-jelang-pemilu/0/sorotan_media diakes, 2 september 2024.

Najicha. (2022). Pentingnya Pancasila Menjadi Mata Pelajaran Wajib dalam Kurikulum Pendidikan Nasional Guna Menjaga Keutuhan Bangsa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(5), 1–5.

Nur Fadhila, H. I., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204–212. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1303

Mahfud MD. (2021). Negara Hukum Indonesia: Sejarah, Isu Aktual, dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Wibowo, K. A., & Najicha, F. U. (2022). Aktualisasi Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat di Era Globalisasi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), 22-3

www.indikator.co.id, (2024). Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Temuan Survei Nasional: 30 Desember 2023 – 6 Januari 2024,https://indikator.co.id/wp-content/uploads/2024/01/RILIS-INDIKATOR-23-JANUARI-2024.pdf, diakses pada 2 September 2024

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016, September). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Zoller, U., Ben-Chaim, D., Ron, S., Pentimalli, R., & Borsese, A. (2000). The disposition toward critical thinking of high school and university science students; An inter-intra Israeli–Italian study. International Journal of Science Education, 22(6), 571–582.

Downloads

Published

2025-03-31