Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ratih Komala Sari UPTD SMP N I4 Depok
  • Hesti Mustika Ati STKIP Arrahmaniyah
  • Sulistianingsih Sulistianingsih STKIP Kusumanegara

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1875

Keywords:

Minat Belajar, Kompetensi pedagogis, Persepsi siswa

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang digunakan menyebabkan konsep PPKn belum tersampaikan dengan baik dan menjadi susah dipahami, sehingga membuat peserta didik kurang tertarik dalam belajar PPKn. Selanjutnya untuk mengatasi hal tersbut maka dibutukkan media pembelajaran yang menarik, bersifat praktis (bisa digunakan kapanpun, dimanapun, dan mudah dibawa), dan dapat menggambarkan konsep PPKn secara nyata sehingga menambah minat belajar peserta didik. Peneliti menetapkan jenis penelitian terapan (Applied Research) dengan model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Seperti telah kita maklumi bahwa Applied Research merupakan jenis penelitian yang berfungsi        sebagai pemeceh masalah dengan tujuan untuk memecahkan masalah sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan oleh individu atau lembaga dalam melaksanakan tugas-tugas profesionalitasnya. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMPN 1 Teluknaga yang berada di Kabupaten Tangerang. Sumber data akan diambil dari dokumen, hasil wawancara, catatan lapangan dan hasil dari observasi siswa Kelas VII.A SMPN 1 Teluknaga yang mengikuti pembelajaran PPKn pada materi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai bhinneka tunggal ika dan guru mata pelajaran PPKn Kelas VII SMPN 1 Teluknaga.Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa;(1)

Media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Web Google Sites yang dikembangkan sudah layak digunakan. (2) Media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Web Google Sites yang dikembangkan dinyatakan efektif. (3) Respon siswa terhadap media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Web Google Sites yang dikembangkan menunjukkan respon positif.

 

References

A.M. Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo. Hal. 125

Catharina Tri Anni, Psikologi Belajar (Semarang: IKIP Semarang Press, 2004

HS Iriansyah (2020) “Membangun Kreativitas Guru Dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 1-6.

Hurlock, Elizabeth B. 2011. Psikologi Perkembangan. (Jakarta)

Harian KOMPAS, Berhikmat di Jalur Profesi Guru. Senin 13 Maret 2018

Hendayana, (2007). Hal. 6-7 International Journal of Educational Development 27 (2), 194-204. https://scholar.co.id

Luthfiani. Dkk, (2018). Analisis Minat Belajar dan bakat Terhadap Hasil Belajar. Tangerang : Pustaka Mandiri

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke-18, Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Pudjiastuti, Sri Rahayu. Metode Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta : Media Ilmu, 2019)

Ricardo dan Meilani, R.I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap hasil Belajar Siswa. Vol. 1 Hal 90. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta

SR Pudjiastuti & T Setiowati;(2019) “Upaya Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Paradigma Baru PKn dan Kompetensi Profesional Melalui Evaluasi Diri Guru” Prosiding Seminar Nasional Berseri 777-786.

Downloads

Published

2023-10-01