Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis

Authors

  • Nur Hayati SMPAlkhidmah Bojong Gede Bogor
  • Lutfi Hardiyanto STKIP Kusumanegara
  • Susi Susi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1874

Keywords:

Berpikir kritis, Demokrasi, PBL, Portofolio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:  menemukan disain Model Problem Based Learning berbasis portofolio  dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap demokratis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R & D). Uji kelayakan produk dilakukan oleh 2 validator yakni ahli materi dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al Khidmah Pabuaran Bojonggede Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi dengan desain equivalent time series design. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara studi pendahuluan, lembar penilaian validasi ahli, lembar penilaian respon guru, dan pedoman observasi kreativitas anak. Kelayakan dari model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dianalisis dengan mengkonversikan skor kedalam 4 kategori kuantitatif. Keefektifan model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial dengan melakukan uji One Way ANOVA taraf signifikansi 0.05. Penelitian pengembangan ini memperoleh hasil berupa: (1) model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dinyatakan sebagai sebuah model pembelajaran berdasarkan materi kebutuhan yakni sintaks, social system, support system, dan peran guru; (2) model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis media bahan alam dinyatakan layak dan sesuai digunakan berdasarkan kriteria kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan respon guru dengan kategori sangat baik; (3) model pembelajaran project based learning dengan sumber belajar berbasis berbasis portofolio dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan berpikir kritis dan sikap demokratis siswa di kelas VIII SMP Al Khidmah Pabuaran Bojonggede Bogor berdasarkan analisis hasil uji statistik One Way ANOVA (taraf sig. < 0.05) yang memperoleh nilai sig. 0.00.

References

Amir, M Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aprilliyanti, Eka. 2013. ‘Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PKn dengan Sikap Demokratis Peserta Didik di SMK Negeri 1 Banjarmasin’. (Thesis Citizenship Education Program, Department of Social Sciences Faculty of Teacher Education University of Hull Mangkurat) diunduh 21 Februari 2015.

Arends. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2008).41.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, Marx. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Unnes Press.

Direktorat Pembinaan SMP. 2014. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Hamnuri. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Insan Madani.

Husnidar, dkk. 2014. ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa’. Dalam Jurnal Didaktik Matematika Volume 1 No. 1.

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Johnson. Elaine. 2007. Contextual Teaching Learning. Bandung: Nizen Learning Center.

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Permnedikbud No. 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2014. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Kowiyah. 2012. Opini Kemampuan Berpikir Kritis. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 3, No.5.

Lexy J, Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, B Mattew dan A Michael Huberman. 1992. Analisis data kualitatif Terj. Tjejep R.R. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pudjiastuti , Sri Rahayu, (2019) Penelitian Pendidikan, Yogyakarta:Media Akademi.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Orientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saryono, S., Iriansyah, H. S., & Syafira, W. (2022). Learning Outcomes of Pancasila and Citizenship Education Through the Problem Based Learning Model. In Proceeding of International Conference on Education-01 (pp. 33-42).

Septiliana, Ninis Ristiani. 2011. ‘Hubungan Antara Pemahaman Demokrasi dan Budaya Demokrasi dengan Sikap Demokrasi pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Karanganyar Tahun ajaran 2010/2011’. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2023-10-01