Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1869Keywords:
Kewarganegaraan, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dan faktor keterlaksanaan pembelajaran PPKn menggunakan pembelajaran berdiferensiasi di kelas VII. Penelitian kualitatif ini menggunakan data berupa data deskriptif seperti tulisan, perkataan dan perilaku yang bisa diamati. Penelitian dilakukan pada semester ganjil 2023 di SMPN 1 Malausma. Informan penelitian guru dan siswa kelas VII. Pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran PPKn yang dilaksanakan dikelas VII SMPN 1 Malausma memberikan dampak yang baik bagi guru dan siswa dalam pembelajaranyang diuraikan dalam penerapannya yang terdiri dari tiga tahap: diferensiasi konten, proses dan produk. Selanjutnya,juga diperoleh faktor keterlaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam PPKn kelas VII, yaitu strategi pembelajaran yang efektif dan keterlibatan siswa yang aktif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Citizenship Virtues

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License