Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kartu Jakarta Pintar Terhadapn Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Iskandar Iskandar SMPN 166 Jakarta
  • Muhamad Sutisna STKIP Arrahmaniyah
  • Sulistianingsih Sulistianingsih STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v3i1.1736

Keywords:

Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Kartu Indonesia Pintar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh persepsi tentang Kartu Jakarta Pintar (KJP) terhadap disiplin belajar dan hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat di SMPN 166 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif  kuantitatif dengan studi koralasional. Pengujian hipotesis pertama menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara persepsi tentang KJP terhadap disiplin belajar. Koefisien determinasi adalah ry12 = 0,3073. Hal ini berarti bahwa 30,73 %  variansi persepsi tentang KJP (Y) dapat dijelaskan oleh variabel disiplin belajar (X1).Pengujian hipotesis kedua membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif antara persepsi tentang Kartu Jakarta Pintar terhadap hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat. Koefisien korelasi antara variabel persepsi tentang KJP (Y) terhadap hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat  (X2)    ry2  = 0,3801. Hal ini berarti bahwa 38,01 %  variansi persepsi tentang KJP (Y) dapat dijelaskan oleh variabel hasil belajar pada materi norma yang berlaku dalam masyarakat (X2). Penemuan  hipotesis ketiga, terbukti terdapat pengaruh positif antara persepsi tentang KJP terhadap disiplin belajar dan hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat. Koefisien korelasi jamak = 0,8827. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,7791. Dikatakan 77,91% variansi yang terjadi pada Persepsi tentang KJP (Y) dapat dijelaskan oleh variabel disiplin belajar (X1) dan hasil belajar pada materi norma dalam kehidupan bermasyarakat (X2).

References

Abdullah, A. (2016), “Aplikasi Teori Gestalt dalam Mewujudkan Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning)”. Jurnal Edukasi, 2(2), 117-124.

Ahmad Susanto (2013), Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

AF Huninhatu, Sri Rahayu Pudjiastuti dan M.Sutisna, (2021), “Pengembangan Model Numbered Heads Together Secara Daring Dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Pancasila dan Pembentukan Karakter Disiplin”, Jurnal Citizenship Virtues 1(1), h.35-41.

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, “Tingkat Kemiskinan di DKI Jakarta Maret 2017”, diakses dari https://jakarta.bps.go.id/pressrelease/2017/07/18/246/tingkat-kemiskinandi-dki-jakarta-maret-2017.html, pada tanggal 2 Agustus 2021, Pukul 19.50

CNN Indonesia, Edukasi, Tingginya Angka Putus Sekolah di Indonesia, diakses darihttps://student.cnnindonesia.com/edukasi/20170417145047-445-208082/tingginya-angkaputus-sekolah-di-indonesia/, pada tanggal 1 Agustus 2021 pukul 20.30.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta.. Petunjuk Teknis Bantuan Biaya Pendidikan Melalui Kartu Jakarta Pinta.. Jakarta : (Jakarta: Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta 2015),hal. 1

Iriansyah, Herinto Sidik, SR Pudjiastuti, Sri Awan Asri, & Sudjoko (2022) “Pengaruh Budaya Hidup Tertib Terhadap Karakter Disiplin Dalam Belajar” Jurnal Citizenship Virtues 2(1), h.193-202.

Pudjiastuti, Sri Rahayu,(2019), Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Media Akademi.

Saryono, S., Fazria, A. N., Andini, S., & Hasan, H. (2022). Hubungan Antara Pemahaman Etika Politik dan Kesadaran Hukum Dengan Budaya Politik Organisasi Mahasiswa. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1), 215-222.

Pudjiastuti, Sri Rahayu dan Ahmad Deing (2022) “The Role of Statistics in Elections Through Quick Count” Jurnal Etika Demokrasi (JED) Volume 7 Issue 4. P.434-443.

Supriyatno.Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Gratis. Depok : Universitas

Indonesia 2010.

Tulus Tu’u. Peranan Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. (Jakarta : Grafindo, 2004), hal. 32

Saryono, S., Iriansyah, H. S., & Syafira, W. (2022). Learning Outcomes of Pancasila and Citizenship Education Through the Problem Based Learning Model. In Proceeding of International Conference on Education-01 (pp. 33-42).

Wasliman (2007), Modul Problematika Pendidikan Dasar, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia: UPI Press.

Downloads

Published

2023-03-22