Urgensi Pendidikan Pancasila Sejak Dini Bagi Generasi Z

Authors

  • Mohamad Sutisna STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Us Us Sucherman STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Dedi Suandi STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Sukatmi Sukatmi STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Siti Kumalasari STKIP Arrahmaniyah Depok

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1518

Keywords:

Generasi Z, Pancasila, Urgensi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis tentang bagaimana Urgensi Pendidikan Pancasila Sejak Dini Bagi Generasi Z?. Metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, dimana sumber data diperoleh dari berbagai buku-buku, jurnal dan internet, serta sumber lainnya yang relevan. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Urgensi Pendidikan Pancasila Sejak Dini Bagi Generasi Z sangat penting dilakukan, hal ini dikarenakan dengan adanya pendidikan pancasila diharapkan agar generasi muda tidak tercabut dari akar budayanya sendiri dan agar mereka memiliki pedoman atau kaidah penuntun dalam berpikir serta bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan makna serta nilai-nilai Pancasila. Selain itu Penerapan Pendidikan Pancasila Melalui Media Sosial Bagi Generasi Z sangat efektif dan efisien, hal ini dikarenakan adanya kedekatan Generasi Z (Pemuda Indonesia) dengan Media Sosial yang kini sedang trend.

References

Ahyani, H., Permana, D., & Abduloh, A. Y. (2020). Pendidikan Islam dalam Lingkup Dimensi Sosio Kultural di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 273–288. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.20

Saryono, S., Fazria, A. N., Andini, S., & Hasan, H. (2022). Hubungan Antara Pemahaman Etika Politik dan Kesadaran Hukum Dengan Budaya Politik Organisasi Mahasiswa. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1), 215-222.

Ahyani, H., Putra, H. M., Slamet, M., & Mutmainah, N. (2022). Standardization of Companies and The Islamic Business Environment in Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 11. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/3795/1941

Amelia, A., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok untuk Pengembangan Bakat Siswa SMA di Bidang Menulis. Senada PBSI, 2(1), 858–868.

APJII. (2022). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/content/read/39/559/Laporan-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022

Ayuningtyas, F., Cahyani, I. P., & Purabaya, R. H. (2022). Edukasi Penggunaan Media Sosial TikTok sebagai Media Pembelajaran di SDIT Attasyakur. Cendekia?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 25–31. https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i1.2326

EKRUT (Direktur). (2020, Juli 16). Pertumbuhan aplikasi TikTok dan penggunaannya dari segi marketing. https://www.youtube.com/watch?v=zXMpava_fuQ

Febrianto, B. (2021, Desember 29). Peranan Pancasila di Era Globalisasi. Radar Bojonegoro. https://radarbojonegoro.jawapos.com/daerah/bojonegoro/29/12/2021/peranan-pancasila-di-era-globalisasi/

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13–23.

Herminingsih, H., Nurdin, N., & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 79–84.

Hidayat, J. F., & Selvia, S. (2022). Peran Generasi Milenial Dan Generasi Z Dalam Menghadapi Persaingan Global Di Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(1), 7–12.

id.wikipedia.org. (2022a). Generasi Z. Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Generasi_Z&oldid=21225034

id.wikipedia.org. (2022b). Hukum. Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Hukum&oldid=21502164

Indiastuti, R. (2020, Agustus 13). Perlu Strategi Khusus Mengamalkan Pancasila di Generasi Milenial. Universitas Padjadjaran. https://www.unpad.ac.id/2020/08/perlu-strategi-khusus-mengamalkan-pancasila-di-generasi-milenial/

Juwandi, R., Nurwahid, Y., & Lestari, A. (2019). Media Sosial Sebagai Sarana Pendidikan Politik Untuk Mengembangkan Literasi Digital Warga Negara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 2(1).

Karimah, L. S., Deporos, S. R. C., Kustiawan, U., & Maningtyas, D. T. (2022). Does TikTok Effective in Stimulating Language Development for Children Aged 5-6? Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(1), 11–22. https://doi.org/10.14421/jga.2022.71-02

Kominfo Banjar. (2022, Juni 29). Wali Kota Banjar Buka Penyuluhan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat Tahun 2022. Website Resmi Pemerintah Kota Banjar - Jawa Barat. https://banjarkota.go.id/umum/wali-kota-banjar-buka-penyuluhan-pendidikan-politik-bagi-masyarakat-tahun-2022/

KPU RI (Direktur). (2018, Desember 14). Pentingnya Medsos Bagi Pendidikan Politik Masyarakat. https://www.youtube.com/watch?v=7YAZmIRd1iY

Kurniati, P., Putra, H. M., Komara, L. S., Wibianika, H., & Setiansyah, R. (2021). Budaya Kewarganegaraan, Praktek Kewarganegaraan dan Pendidikan Untuk Kewarganegaraan Demokratis. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 9.

Kurniati, P., Putra, H. M., Prakasa, A., & Pratomo, W. (2022). Cara Mudah Belajar Menulis Jurnal Menggunakan Referensi Otomatis Microsoft Word dan Zotero. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 11. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3131

Masyithoh, D. (2021). Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Remaja di Era Society 5.0 | Jurnal Sumbangsih. Jurnal Penelitan Dan Pengabdian Universitas Lampung, 2(1). https://sumbangsih.lppm.unila.ac.id/index.php/jsh/article/view/48

mediaindonesia.com. (2020, Januari 24). Penerapan Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial. Biro Administrasi Kemahasiswaan STIKI. https://bam.stiki.ac.id/penerapan-nilai-pancasila-pada-generasi-milenial/

Muhklis, D. (2021). KPU dan Perguruan Tinggi se Kota Banjar Jalin Kerjasama—Kabar Priangan. https://kabarpriangan.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1481500115/kpu-dan-perguruan-tinggi-se-kota-banjar-jalin-kerjasama

Nanuru, R. F. (2017). Youtube Seni Berwawasan Teknologi Modern. https://doi.org/10.31219/osf.io/3vshc

Nany S, Y. C. (2009). Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/hum.v9i1.3787

Noviana, L. (2022). YouTube Sebagai Medium Alternatif Penyuluhan Hukum Milenial. kumparan. https://kumparan.com/lisanov19/youtube-sebagai-medium-alternatif-penyuluhan-hukum-milenial-1xuppXXRYHB

Nurkasihani, I. (2018). Kesadaran Hukum Sejak Dini Bagi Masyarakat. Pelaihari. https://www.jdih.tanahlautkab.go.id/artikel_hukum/detail/kesadaran-hukum-sejak-dini-bagi-masyarakat

Potter, W. J. (2019). Media Literacy (9th edition). SAGE Publications, Inc.

Puntoadi, D. (2011). Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. PT. Gramedia.

Puspandari, R. Y. (2021). Kesadaran Hukum Masyarakat Dalam Memanfaatkan Media Sosial ( Studi Terhadap Generasi “Z” Di Kota Magelang ). Humani (Hukum Dan Masyarakat Madani), 11(1), 11–22. https://doi.org/10.26623/humani.v11i1.2673

Putra, H. M., Abdurohman, D., & Ahyani, H. (2022). Eksistensi Filsafat Ekonomi Syari’ah sebagai Landasan Filosofis Perbankan Syari’ah di Indonesia. Ecobankers?: Journal of Economy Banking, 3(1), 13. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/666

Putra, H. M., & Ahyani, H. (2022). Internalization in Islamic Law Progressive in Criminal Law Changes in Indonesia. Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 20(1), 23. https://doi.org/10.30984/jis.v20i1.1861

Putra, H. M., Prakasa, A., & Kurniati, P. (2022). Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3846–3854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2342

Rahim, A. (2020). Summary of Pendidikan Pancasila 2020. https://elearning.upy.ac.id/course/info.php?id=464

Saputra, A. (2022). Pendidikan Politik Remaja Milenial Melalui Instagram (studi Pada Akun @pinter Politik.com, @politico , Dan @generasi Melek Politik) [Undergraduate, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik]. http://repository.radenfatah.ac.id/20123/

Seimahuira, S. (2022). Analisa Pola Pengguna Youtube Tranding Menggunakan Algoritma Partitioning Around Medoids (PAM) dan FP-Growth. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 59–66. https://doi.org/10.54082/jupin.38

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135

Setiyadi, D., Fortuna, D., & Ramadhan, A. B. (2022). Pemanfaatan Video Kreatif dan Media Sosial Youtube sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas Tinggi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.344

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suhardiman, A., & Kamaluddin, M. K. M. (2022). Literasi Digital Mahasiswa Pengguna Tiktok Di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(1), 42–53.

Wahyudi, Y. (2022, April 11). PPKn Diganti Pancasila Mulai Juli 2022, Bagaimana Nasib Guru PPKn? Halaman all. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/11/123000065/ppkn-diganti-pancasila-mulai-juli-2022-bagaimana-nasib-guru-ppkn

Wardana, D. J., Handayani, A., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Fauziyah, N. (2021). Sosialisasi Pentingnya Nilai–Nilai Pancasila. DedikasiMU?: Journal of Community Service, 3(1), 770–778. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2357

Yani, Y. M. (2020, Agustus 13). Perlu Strategi Khusus Mengamalkan Pancasila di Generasi Milenial. Universitas Padjadjaran. https://www.unpad.ac.id/2020/08/perlu-strategi-khusus-mengamalkan-pancasila-di-generasi-milenial/

Yurliana, Y. (2022). Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Wujud Aktualisasi Diri Didunia Maya (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tiktok Di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 7(1), Article 1. http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/19247

Downloads

Published

2023-05-18