Perbedaan Model Pembelajaran Means Ends Analysis dan Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Pythagoras
Keywords:
hasil belajar matematika, means ends analysis, think talk writeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara pembelajaran Mean Ends Analysis (MEA) dan Think Talk Write (TTW) pada materi Pythagoras. Penelitian ini dilakukan pada sampel sebanyak 62 siswa, yaitu 32 siswa di kelas VIII-1 dengan model pembelajaran MEA, dan 30 siswa kelas VIII-2 dengan menggunakan model TTW. Teknik Pengambilan Sampel dilakukan secara simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok MEA sebesar 80,53, sedangkan nilai rata-rata kelompok TTW sebesar 77,67. Hasil uji-t diperoleh thitung lebih dari ttabel (1,754>1,671). Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan pada hasil belajar matematika Model Pembelajaran MEA dengan Model Pembelajaran TTW pada materi Pythagoras di kelas VIII Semester 2 SMP Generasi Madani Cibinong.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.