Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika melalui Metode Inkuiri
Keywords:
hasil belajar, keragaman masyarakat, metode inkuiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn materi Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika peserta didik kelas VII.1 dengan metode inkuiri di MTS An Nizhamiyyah, Cileungsi. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kurt Lewin. Penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VII.1. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil rata-rata tes PPKn pada setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan saat pretes 64; siklus I= 67,5; siklus II= 70,8; dan siklus III= 78; selain itu ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan saat pretes 40%; siklus I= 53%; siklus II= 70%; dan siklus III= 90%. dan hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa belajar dengan metode inkuiri memudahkan bagi peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.